5 Faktor Yang Menyebabkan Bitcoin Naik sampai $ 700

Harga bitcoin melonjak hampir 20% pada akhir pekan ini pada tanggal 11 Juni dan 12 Juni, dan apresiasi kuat ini meraih perhatian banyak ahli.

Para pengamat pasar menyediakan berbagai penjelasan atas kenaikan harga ini, akibat meningkatnya visibilitas teknologi blockchain dan halving yang akan terjadi pada jaringan bitcoin.

Baca juga: Menurut Sebuah Survei, Ransomware Sangat Mengkhawatirkan Bisnis Pembelian Bitcoin

Kami telah meninjau teori yang paling umum mengapa harga bitcoin ini naik pada penjelasan di bawah ini:

Kekhawatiran ‘Brexit

Lebih dari satu ahli yang telah menekankan bahwa kemungkinan kenaikan harga ini disebabkan oleh Inggris yang bisa memisahkan diri dari sisa Uni Eropa 28 negara adalah penyumbang utama reli bitcoin.

Sementara itu sejumlah survei menunjukkan bahwa kampĀ ‘Bremain‘ menggalang dukungan yang lebih besar dari Brexit, baru-baru ini dilakukan oleh Opinium Poll yang menemukan bahwa 52% responden menginginkan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, sementara 33% lebih suka untuk tinggal.

Pengurangan Pendapatan Reward Pertambangan

Beberapa ahli pasar mengutip bahwa pengurangan pendapatan mining pada penambang, atau individu atau badan yang memproses transaksi pada jaringan, sebagai salah satu pendorong harga yang naik.

Ketika acara ini akan berlangsung pada bulan Juli nanti, penambang akan mulai menerima 12,5 BTC setiap kali mereka menambang sebuah blok, dibandingkan dengan tingkat pendapatan pada saat ini 25 BTC. Rik Willard, pendiri dan direktur dari agentik Group LLC, menyatakan bahwa pengurangan itu “menarik banyak orang”.

Du Juni, co-pendiri Huobi, menyatakan bahwa pemotongan upah pertambangan itu akan “mematahkan keseimbangan antara hubungan pasokan dan permintaan”.

Dia menyatakan bahwa sebagai hasilnya, kejadian tersebut telah “dianggap sebagai kabar baik bagi semua pedagang Bitcoin dan investor” dan berdampak besar bagi pasar bahkan sebelum itu terjadi.

Meningkatnya Blockchain

Di sisi lain ada optimisme bahwa meningkatnya minat dalam “blockchain”, atau lebih banyaknya generik distribusi teknologi ledger, menghasilkan minat dan dampak positif di sekitar blockchain publik bitcoin dan potensi kasus penggunaannya.

Willard mengomentari persepsi ini, menekankan bahwa ia percaya bahwa blockchain sedang digunakan lebih dan lebih untuk tujuan komersial. Secara khusus, ia menyebutkan perusahaan yang bekerja untuk menggunakan teknologi ini untuk tujuan dalam mengelola hak digital.

Arus masuk dan permintaan

Faktor lain yang membantu menekan naik harga bitcoin adalah masuknya mata uang fiat, pengamatan Ark Invest Chris Burniske menjelaskan.

“Menurut saya adalah kami memiliki banyak mata uang fiat baru yang mengalir ke bitcoin, dan aksi harga bitcoin ini tidak didorong oleh orang-orang yang saling menukar eter [aset digital native Ethereum], yang kita sudah sering lihat sebelumnya.”

Pernyataan bahwa sentimen bullish selama akhir pekan ini didukung oleh data pasar dari layanan lengkap bitcoin platform trading Whaleclub, yang menunjukkan bahwa paparan panjang yang diukur dengan ukuran posisi mencapai 75% dan 94% pada tanggal 11 Juni dan 12 Juni.

Secara keseluruhan, Zivkovski menandai gambaran bearish yang berlebihan dari pasar, di mana bitcoin likuiditas sangat rendah adalah pendorong utama kenaikan harga.

“Ada juga beberapa order jual untuk memenuhi pesanan buy sekitar harga pasar, sehingga harga akan melompat karena para pembeli mulai panik dan membeli likuiditas yang rendah, membawa harga naik lebih jauh,” kata Zivkovski.

“Dalam hal ini, bunga jual yang rendah menciptakan kekosongan likuiditas di mana para pembeli biasa (tidak besar) mampu menggerakan harga ke atas dengan volume yang rendah.”

Kekhawatiran China

Meskipun pengamat pasar menyediakan berbagai penjelasan untuk reli Bitcoin pada akhir pekan ini, beberapa ahli mengambil sudut pandang bahwa Cina adalah sopir utama di balik kenaikan harga.

Hayes memprediksi Federal Reserve tidak akan menaikkan suku bunga lagi “dalam waktu dekat,” dan bahwa selama harga ini tetap tidak berubah, “PBOC akan memperlambat atau membalikkan bagian dari devaluasi CNY.”

Joe Lee, pendiri perdagangan derivatif platform Magnr, juga menekankan di China dan dampak potensial terhadap bitcoin, menunjukkan beberapa faktor yang ia percaya akan memicu permintaan yang lebih untuk mata uang digital ke depannya nanti.

“Permintaan Cina akan Bitcoin tetap saja kuat dan akan meningkat dari waktu ke waktu karena ketidakpastian ekonomi yang terus berlanjut,” jelasnya.

Charles L. Bovaird II adalah seorang penulis keuangan dan konsultan dengan pengetahuan yang kuat dari pasar surat berharga dan konsep investasi.

5 Faktor Yang Menyebabkan Bitcoin Naik sampai $ 700

Be the first to write a comment.

Your feedback