Adopsi Bitcoin Meningkat di AS dan Kanada

Perusahaan ritel elektronik Newegg yang beroperasi di Amerika Serikat memutuskan untuk meningkatkan adopsi pembayaran mata uang kripto Bitcoin di gerai-gerai miliknya yang berada di Kanada, sehingga konsumen di Kanada dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Bitcoin.

CEO Newegg, Danny Lee, menekankan bahwa nilai Bitcoin telah meningkat tajam sejak 2014, yakni saat pertama kali perusahaan tersebut mengintegrasikan pembayaran melalui Bitcoin. Dengan meningkatnya harga Bitcoin sejak 2014 tersebut, para pemilik Bitcoin juga jadi memiliki dana yang lebih besar yang dapat digunakan untuk berbelanja.

Newegg sendiri merupakan satu dari sedikit perusahaan besar yang pertama kali membuka diri pada Bitcoin dan menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Newegg tidak akan sendirian dalam menangani pembayaran Bitcoin dari konsumennya. Bitpay adalah platform yang dipilih Newegg untuk menyediakan seluruh teknologi yang berhubungan dengan Bitcoin.

Stephen Pair, CEO Bitpay, menambahkan bahwa permintaan akan pembayaran via Bitcoin meningkat tajam di Kanada. Ekspansi Newegg ini juga diprediksi akan meningkatkan jumlah pengguna Bitcoin di negara tersebut.

Selain Newegg, beberapa perusahaan lain yang menjadi adopter Bitcoin dalam platformnya adalah perusahaan ecommerce Overstock, perusahaan agen perjalanan terbesar di dunia Expedia, eGifter, Gyft, penyedia layanan televisi satelit Dish, dan CheapAir.

Perusahaan-perusahaan lain juga berpotensi untuk mengadopsi Bitcoin dalam gerai-gerai mereka. Howard Schultz, CEO Starbucks, mengatakan bahwa bukan mustahil Starbucks akan mengadopsi Bitcoin di masa mendatang, apabila sistem Bitcoin telah mengalami perbaikan seperti peningkatan kapasitas transaksi untuk mendukung jumlah transaksi di perusahaan besar seperti Starbucks. Meskipun harga cenderung menurun belakangan ini, Howard Schultz yakin bahwa di masa depan Bitcoin bisa bermanfaat sebagai alat pembayaran, meskipun ia tidak percaya bahwa Bitcoin menjadi mata uang tunggal dunia.

Salah satu persoalan yang dihadapi oleh Bitcoin dari sisi ekonomi adalah volatilitasnya yang luar biasa tinggi. Saat harga naik-turun dengan ekstrim, maka amat sulit bagi industri ritel untuk mengadopsi Bitcoin sebagai metode pembayaran, mengingat bahwa mereka harus terus-menerus melakukan penyesuaian atas konversi harga dari Bitcoin ke mata uang lokal.

Be the first to write a comment.

Your feedback