Akun Twitter @Bitcoin Diblokir

Meskipun terlihat sepele, namun diblokirnya akun twitter @Bitcoin menjadi perdebatan yang cukup hangat di kalangan tweeps pegiat mata uang kripto. Pasalnya, @Bitcoin sebenarnya bukanlah akun sembarangan, melainkan salah satu media bagi pecinta Bitcoin Cash (BCH) untuk mempromosikan sistem mereka.

Beberapa orang setuju agar akun Twitter @Bitcoin diblokir, terutama dari kalangan pendukung Bitcoin Core. Namun di sisi lain, Roger Ver misalnya, menyayangkan hal ini, dan menyebut bahwa pemblokiran akun ini adalah bukti matinya kebebasan berbicara.

Akun Twitter @Bitcoin rupanya menjadi korban dari laporan-laporan pihak pendukung Bitcoin Core yang tidak suka dengan cara berpromosi Bitcoin Cash. Dengan banyaknya laporan dari pengguna inilah maka akun twitter @Bitcoin ditutup.

Alasan resmi penutupan akun @Bitcoin ini, menurut Twitter adalah pelanggaran TOS (terms of service) yang melarang jual-beli akun Twitter. Mereka menyangka telah terjadi penjualan akun dari pihak asli ke pihak lain.

Hanya saja, perlu juga diketahui bahwa beberapa waktu sebelumnya, Jack Dorsey CEO Twitter, mengucurkan US$2,5juta pada proyek Lightning Network yang bekerja pada sistem Bitcoin Core dan Litecoin.

Tentunya ini menjadi konflik kepentingan, di mana Bitcoin Cash mengambil jalan yang berbeda dalam menangani persoalan skalabilitas Bitcoin. Saat Bitcoin Core memutuskan untuk menerapkan Segregated Witness dan Lightning Network, Bitcoin Cash mengimplementasikan penambahan ukuran blok dalam sistem.

Meskipun kedua sistem ini memiliki cara yang berbeda dalam skalabilitas Bitcoin, mereka memiliki tujuan yang sama, yakni agar sistem Bitcoin yang ada menjadi memiliki kapasitas tambahan untuk menangani jumlah transaksi yang lebih banyak.

Be the first to write a comment.

Your feedback