Akun Twitter @Bitcoin Kembali Diaktifkan.

Setelah sempat dibekukan oleh pihak resmi Twitter, akun @Bitcoin akhirnya kembali. Kisruh yang pernah dialami oleh akun ini tidak jelas sumber permasalahannya.

Persoalan dimulai dari akun Twitter @Bitcoin yang mempromosikan Bitcoin Cash dalam cuitannya.

Perlu diketahui bahwa terdapat 2 kubu dalam komunitas Bitcoin. Pertama adalah mereka yang mendukung Bitcoin Core atau Bitcoin “asli” yang mempertahankan cabang asli sejak pertama kali dirilis oleh Satoshi Nakamoto.

Kubu kedua adalah pihak-pihak yang lebih memilih jalan lain menjadi Bitcoin Cash, yang merupakan pecahan dari mata uang kripto Bitcoin. Bitcoin Cash muncul setahun yang lampau.

Keduanya berseberangan dalam hal peningkatan kapasitas sistem. Sebelumnya, Bitcoin amat terbatas dari segi kapasitas, karena sebuah blok hanya mampu menangani data sebesar 1 MB, sehingga untuk dimasukkan dalam blok harus menunggu cukup lama, terutama saat sistem penuh antrean.

Bitcoin Core memilih untuk meningkatkan efisiensi penggunaan ruang blok dengan mengimplementasikan soft fork berupa Segregated Witness. Sementara pihak Bitcoin Cash tidak setuju dan memilih hard fork dengan meningkatkan ukuran blok menjadi 8 MB. Masing-masing pihak mengklaim sebagai solusi yang terbaik.

Pada akhirnya, sepertinya para pengguna Twitter melaporkan akun Twitter @Bitcoin secara beramai-ramai, sehingga pihak Twitter memutuskan untuk menutup akun ini. Ternyata beberapa hari kemudian, akun ini sudah dapat beroperasi seperti semula.

Akun Twitter @Bitcoin ini disinyalir sempat berpindah tangan beberapa kali. Pertama ke tangan orang Turki dan kemudian Rusia, sebelum diperkirakan kembali lagi ke pemilik asal. Belum diketahui siapa pemilik asli akun premium ini, tetapi Roger Ver menyatakan bahwa si pemilik adalah orang yang telah berkecimpung dalam dunia Bitcoin sejak 2009 dan sekarang mendukung Bitcoin Cash.

Be the first to write a comment.

Your feedback