Alasan Triv Dukung Hardfork Ethereum

Sejumlah bursa kripto telah menyatakan dukungannya terhadap hardfork Ethereum, termasuk Triv. Beberapa pengguna Triv mungkin bertanya-tanya apa pentingnya hardfork itu di dalam satu sistem blockchain seperti Ethereum.

Makna hardfork harus diletakkan pada dua konteks. Pertama, hardfork sebagai langkah penaiktarafan (upgrade) sistem secara mendasar. Kedua, memungkinkan munculnya dua coin (asset) selain Ether (ETH), sebagaimana yang terjadi pada Bitcoin yang memunculkan Bitcoin Cash, Bitcoin Diamond dan Bitcoin Gold, termasuk Bitcoin Cash yang menghasilkan BitcoinCashABC dan BitcoinSV. Untuk konteks yang kedua kemungkina besar tidak akan terjadi pada jaringan blockchain Ethereum, sepanjang mayoritas komunitas mencapai kesepakatan untuk menjalankan sistem yang baru tanpa memunculkan coin baru.

Hardfork Ethereum atau yang dikenal sebagai Constantinople diperkirakan akan berlangsung pada 14-18 Januari 2019 atau ketika blok Ethereum berlangsung pada 7.080.000. Sebelum tanggal itu, biasanya proses deposit ETH di sejumlah bursa ataupun exchange akan ditutup ataupun deposit dilakukan sebelum tanggal 14 Januari 2019. Dan tentu saja itu berlangsung aman.

Untuk Triv sendiri sangat disarankan melakukan depositĀ  sebelum tanggal tersebut. Khusus transaksi jual/beli akan berjalan secara normal seperti biasa.

Constantinople adalah satu dari sekian langkah ke depan perubahan perlahan-lahan Ethereum dari Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS). Selain soal peningkatan skalabilitas yang lebih mudah jikalau beralih ke PoS, Constantinople kelak akan berdampak pada berkurangnya reward ETH kepada miner atau validator (pada PoS). Saat ini reward per block adalah 3. Ketika Constantinople diterapkan, maka reward berkurang menjadi hanya 2 saja. Ini bermakna jumlah suplai ETH berkurang dan menekan laju inflasinya. Karena laju inflasi kecil, maka harga diharapkan meningkat, karena juga pembelian akan bertambah.

Paralel dengan itu semua, dalam satu paket yang disebut Casper, proses penambangan ETH kelak akan semakin ramah lingkungan, karena daya listrik yang digunakan oleh hardware akan berkurang. Ini tentu saja menekan arus uang keluar pada miner atau validator di masa depan.

Bagi Anda para trader dan investor bisa mengembangkan logika tersendiri berdasarkan sejumlah variabel penting itu dalam meraih cuan yang maksimal. []

Be the first to write a comment.

Your feedback