Amazon Patenkan Layanan Analisis Bitcoin

Tidak hanya teknologi yang terus dikembangkan, ternyata metode-metode analisis transaksi mata uang kripto juga menarik minat industri. Dengan semakin banyaknya pengguna yang masuk ke dalam sistem mata uang kripto, pelacakan informasi transaksi juga menjadi semakin penting.

Sebelumnya ada Chainanalysis yang menawarkan layanan analisis transaksi dan pelacakan dana dalam blockchain bitcoin. Kini tampaknya Amazon melakukan hal yang serupa.  Padahal sebelum ini, Amazon tidak memiliki track record apapun dalam bidang pelacakan transaksi blockchain.

Amazon terkenal dengan platform ecommerce yang kemudian terjun pula di bidang layanan cloud.

Ternyata Amazon telah mengajukan paten ini sejak tahun 2014, yang baru saja disetujui minggu lalu. Dengan paten ini, bukan tidak mungkin Amazon akan mendirikan usaha baru di bidang mata uang kripto.

Fokusnya adalah untuk membantu lembaga penegak hukum dalam melakukan pelacakan, identifikasi pengguna, termasuk juga mengidentifikasi jenis transaksi yang digunakan dalam blockchain.

Transaksi-transaksi memang dapat dengan mudah dilacak dari sistem blockchain. Transparansi menjadi salah satu kunci utama mengapa tidak diperlukan pengendali sentral dalam blockchain, misalnya bitcoin.

Dalam bitcoin, siapapun bisa membaca alur transaksi dari mana saja koin tersebut berasal, dan bagaimana uang tersebut telah diedarkan. Hanya saja, perlu usaha ekstra untuk mengidentifikasi para pengguna yang terkait dengan koin tersebut, karena fitur anonimitas yang ada pada bitcoin ataupun mata uang kripto pada umumnya.

Hingga saat ini belum ada informasi apakah Amazon akan segera membangun bidang baru dan menambahkannya dalam portofolio usaha yang telah dimiliki. Namun melihat bagaimana berkembangnya industri mata uang kripto, bukan tidak mungkin usaha baru Amazon ini justru menjadi ladang uang baru bagi perusahaan teknologi ini.

Be the first to write a comment.

Your feedback