Antpool Membakar BCH Demi Publikasi?

Bitcoin dan Bitcoin Cash merupakan seteru sejak setahun yang lalu. Bitcoin Cash diciptakan dari satu titik pada Bitcoin yang kemudian membentuk sistem baru dengan ukuran blok delapan kali lipat dibandingkan Bitcoin.

Kini, Antpool mulai membakar sebagian Bitcoin Cash. Apa sebab?

Menurut Antpool, dengan semakin sedikit suplai Bitcoin Cash yang ada di pasaran, maka semakin tinggi pula harga, dengan asumsi suplai semakin berkurang dan permintaan semakin meningkat. Oleh karena itu, Antpool memutuskan untuk membakar sebagian biaya transaksi yang didapatnya dari hasil menambang Bitcoin Cash.

Bagaimana cara membakar koin? Dengan mengirimnya ke sebuah alamat yang tidak dapat digunakan karena tidak memiliki kunci privat.

Antpool sendiri merupakan salah satu pool mining yang besar, yang mengelola seporsi kekuatan komputasi atau penambangan yang cukup signifikan dalam sistem Bitcoin Cash. Mereka membakar 12% dari total biaya transaksi yang mereka kumpulkan dengan nilai sekitar US$12 per hari.

Menurut Antpool, sangatlah penting untuk memiliki ekosistem aktif dengan jumlah transaksi yang semakin banyak dan signifikan. Namun demikian, investor juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari ekosistem Bitcoin Cash, dan oleh karena itu sangat penting untuk menjaga agar para investor mendapatkan profit yang tetap tinggi.

Antpool disinyalir memutuskan hal ini secara sepihak, dan menimbulkan ketidakpuasan dari beberapa pihak.

Menurut Jimmy Song, salah satu mantan pengembang perangkat lunak Bitcoin, Antpool telah mengambil posisi sebagai pembuat kebijakan ekonomi dalam Bitcoin Cash, yang dalam hal ini dapat berdampak signifikan terhadap pengguna lainnya.

Padahal, menurutnya lagi, dalam whitepaper Satoshi Nakamoto tidak disebutkan bagaimana sebuah pihak dapat menentukan mana yan lebih baik untuk seluruh anggota komunitas.

Namun ada pula pihak yang menuding bahwa Antpool berbuat hal ini hanya demi publikasi semata. Publikasi yang baik akan membuat mata uang kripto Bitcoin Cash mendapat perhatian yang lebih banyak dari publik.

Be the first to write a comment.

Your feedback