Apakah Trump Bisa Melancarkan Urusan ETF Pada Bitcoin?

Para investor secara optimis menyaksikan Presiden Donald Trump yang dengan santainya akan menetapkan peraturan ETF bitcoin, menurut MarketWatch. Investor akan menunggu keputusan pada 11 Maret 2017 nanti mengenai ETF bitcoin oleh Komisi Sekuritas dan Bursa pada salah satu ETF bitcoin.

Pada hari Senin, Trump sudah menandatangani sebuah perintah eksekutif untuk mengurangi jumlah peraturan federal.

Baca juga: Volume Bitcoin Terus Mengalami Penurun Di Beberapa Bursa Pertukaran

Jay Clayton, seorang pengacara Trump dari Wall Street terpilih untuk menjadi ketua SEC, ia juga mengatakan ingin mempermudah peraturan.

Namun para analis memperingatkan bahwa sementara ini persetujuan dari ETF bitcoin masih cenderung di bawah aturan pemerintah, masalah bitcoin masih belum pasti.

Phil Bak, mantan kepala listing ETF di Bursa Efek New York, mengatakan bahwa bitcoin merupakan teknologi yang stabil dan kompleks, dan tidak ada cara mudah untuk “menurunkan” bitcoin-menurunkan harga.

Bak, yang kini menjabat sebagai CEO ACSI Funds, yang mengelola kepuasan konsumen ETF ACSI, -0,55%, mengatakan bahwa bursa pertukaran yang terdaftar akan membawa efisiensi perdagangan dan akan memudahkan likuiditas bitcoin. Dia juga mengatakan bahwa dia akan mendukung persetujuan dana tersebut.

ETF Bisa Meningkatkan Investasi Bitcoin

Para analis telah memperkirakan bahwa dana sebesar $ 300.000.000 bisa masuk ke ekosistem bitcoin pada minggu pertama setelah dana tersebut disetujui.

Bak mengatakan, SEC harus berhati-hati sebelum menyetujui sesuatu yang belum teruji, namun pemerintah tidak memiliki hak untuk memberitahu semua orang apakah mereka bisa melakukan investasi atau tidak bisa melakukan investasi.

Dua perusahaan lain yang telah mengajukan Bitcoin ETF adalah SolidX, yang diajukan pada bulan Juli, dan Grayscale Investment, yang diajukan pada pekan lalu. Grayscale merupakan perusahaan yang mengoperasikan Bitcoin Investment Trust.

SEC memilih untuk tidak berkomentar.

Namun para analis lain tidak optimis mengenai persetujuan Bitcoin ETF ini.

Spencer Bogart, seorang analis bitcoin di bank investasi Needham & Co, mengatakan pada awal bulan ini bahwa kemungkinan untuk terjadinya sebuah persetujuan ETF masih sangat rendah kemungkinannya.

Volatilitas harga Bitcoin tetap menjadi rintangan kunci dari sudut pandang peraturan. Setelah mencapai $ 1.200 pada awal bulan ini, namun harga turun kembali ke $ 760 dalam waktu sekitar seminggu.

Gambar: Trump

Apakah Trump Bisa Melancarkan Urusan ETF Pada Bitcoin?

Be the first to write a comment.

Your feedback