Bank Online Bitbond Pilih Bitcoin Ketimbang SWIFT

Bitbond, bank online yang beroperasi di Jerman, lebih memilih Bitcoin ketimbang SWIFT untuk mentransfer pembayaran dari dan ke seluruh dunia.

Bank yang didirikan oleh Radoslav Albrecht ini memilih Bitcoin bukan tanpa sebab. Bitcoin dianggap sebagai sebuah metode pembayaran yang lebih cepat, aman, dan terpercaya, ketimbang metode pembayaran tradisional. Bahkan, bank ini lebih menyukai Bitcoin ketimbang melakukan settlement menggunakan sistem SWIFT yang umumnya digunakan oleh lembaga perbankan dalam settlement pembayaran internasional.

Menurut mereka, Bitcoin dapat memenuhi kebutuhan lebih baik ketimbang SWIFT.

Untuk mengatasi problem volatilitas Bitcoin, para klien hanya memegang bitcoin dalam jangka waktu yang singkat. Dengan demikian, para pengguna tidak akan terpengaruh dengan penurunan harga atau ketidakstabilan pasar mata uang kripto yang sering terjadi.

Bitbond sendiri didirikan pada tahun 2013. Sejak itu, perusahaan ini mengalami peningkatan popularitas yang signifikan, bahkan mendapatkan lisensi untuk memberikan jasa perbankan di Jerman.

Perusahaan ini berfokus untuk menangani nasabah-nasabah kecil dan menengah, seperti para freelancer yang bekerja dari seluruh dunia. Bank ini tidak menangani pembayaran yang berjumlah lebih dari 50 ribu dolar AS.

Bitbond memilih untuk menggunakan Bitcoin dan menyingkirkan sistem SWIFT dari sistem perbankan mereka. Bukan tidak mungkin, kesuksesan yang mereka reguk akan memicu bank-bank lain untuk melakukan hal yang serupa.

Saat ini Iran juga sedang mempertimbangkan untuk beralih dari SWIFT ke mata uang kripto menyusul sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap negara tersebut, yang membuat sistem pembayaran mereka ikut terdampak.

Be the first to write a comment.

Your feedback