Belgia Mengeluarkan Peringatan Tentang Skema Investasi OneCoin.

Badan pengatur keuangan di Belgia telah mengeluarkan peringatan tentang OneCoin, produk mata uang digital yang sering mendapat tuduhan tentang skema penipuan.

Pemberitahuan tersebut telah diterbitkan pada akhir pekan ini, yang menyatakan bahwa pernyataan dari salah satu promotor OneCoin yang telah menerima persetujuan dari sebuah lembaga itu ternyata “palsu dan menyesatkan”.

Baca juga: Strategi Trading Tanpa Indikator Khusus Buat Pemula

Meskipun promotor OneCoin telah menyatakan adanya persetujuan, Layanan dan Otoritas Pasar Keuangan (FSMA) mengatakan bahwa mereka tidak punya kekuatan peraturan untuk berbicara mengenai mata uang digital.

Peringatan tersebut berbunyi:

“Beberapa orang tertentu baru saja mempromosikan OneCoin, mengatakan bahwa OneCoin sebagai mata uang virtual yang berdasarkan kriptografi, di Belgia. FSMA ingin memperingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa OneCoin belum menerima segala bentuk pengakuan apapun dari FSMA. Hal yang sama berlaku dari orang-orang yang mempromosikan OneCoin: Mereka tidak memegang otorisasi atau bentuk lain dari pengakuan FSMA”.

OneCoin berfungsi dengan sistem multi level marketing di mana orang membeli paket “token” yang kemudian dapat digunakan untuk akses masuk ke platform “tambang/mining”. Materi pemasaran OneCoin sendiri menawarkan hasil yang signifikan bagi mereka yang bisa mendapatkan orang lain untuk mendaftarkan diri menjadi member dan berinvestasi, karakteristik dari cara kerja tersebut bisa dibilang skema piramida dimana keuntungan terbesar menuju ke orang-orang yang berada di atas struktur tersebut.

Berbagai postingan juga telah banyak beredar mengenai peringatan tentang mata uang digital secara keseluruhannya, yang berarah ke cybersecurity dan resiko volatilitas harga yang dikeluarkan pada tahun 2014 dan 2015 oleh FSMA dan bank sentral Belgia.

Seperti yang dilansir pada kantor berita Bangladesh Bangla Tribune, sekelompok individu yang terlibat dalam promosi skema multi-level marketing termasuk OneCoin telah ditangkap pada pertengahan Juni lalu. Penangkapan tersebut dilaporkan telah melibatkan pasukan counter-teroris dari negara tersebut.

Regulator di Jerman pun juga tidak mau ketinggalan. Surat kabar utama di Negara Jerman Der Spiegel telah melaporkan pada awal Juni lalu bahwa Otoritas Pengawasan Keuangan Federal (BaFin), jasa regulator keuangan utama di negara itu telah membuat penyelidikan yang lebih lanjut mengenai OneCoin.

Nah perlu Anda ketahui bahwa OneCoin adalah salah satu produk mata uang digital yang memakai sistem MLM, jadi pandai-pandailah berinvestasi. Hindari produk investasi yang sangat beresiko scam, lakukan penilaian dan informasi yang lebih lanjut mengenai produk investasi apapun sebelum memberikan dana Anda pada produk tersebut.

Reff: Coindesk

Belgia Mengeluarkan Peringatan Tentang Skema Investasi OneCoin

Be the first to write a comment.

Your feedback