Bergaji Super Gede di Bidang Blockchain

Ketika artikel ini ditulis, berdasarkan data dari coinmarketcap.com, market capital kripto mencapai US$275 miliar. Angka itu mencakup 1629 jenis kripto. 40,2 persen di antaranya masih didominasi oleh Bitcoin. Market capital sebesar itu sebenarnya jauh lebih rendah berbanding dengan 6 Januari 2018 yang mencapai US$829 miliar. Penurunan hingga US$554 miliar itu memang sangat mencengangkan di tengah dinamika pasar yang kian dewasa dan ekosistem yang meningkat secara umum.

Penurunan itu agak berbanding terbalik dengan peluang kerja di bidang kripto dan blockchain. Permintaan pekerjaan terkait blockchain justru kian meningkat, khususnya sebagai blockchain developer. Bahkan bidang lain sebagai copywriter, meme specialist dan community manager, permintaannya semakin banyak dengan tawaran gaji yang mumpuni.

Berdasarkan data dari Indeed.com, informasi lowongan kerja terkait blockchain meningkat 207 persen mulai Desember 2016-Desember 2017. Berbanding November 2015, jumlahnya mencapai 631 persen. Sementara itu data dari Upwork, hingga kuartal ke-3 217, lowongan kerja blockchain expert berada di posisi ke-2 sebagai keahlian yang paling dicari.

Tentang besaran gaji, berdasarkan data dari Angel.co, nilainya mencapai 20-30 persen lebih besar ikalau dibandingkan dengan jenis pekerjaan biasa. Untuk bidang teknis bisa digaji hingga US$120 ribu per tahun. Sedangkan non teknis (meme specialist, copywriter dan community developer/manager) bisa mencapai US$80 ribu per tahun. Yang lebih menarik, dengan gaji sebesar itu, beberapa pemberi kerja tidak mewajibkan Anda bekerja di kantor. Anda bisa bekerja di mana dan kapan saja, yang penting target berdasarkan kesepakatan tercapai. Perihal kompensasi, tidak sedikit pula pekerja bersedia menerima dalam bentuk kripto yang lebih popular seperti bitcoin dan ether atau dengan token yang telah atau akan diterbitkan oleh perusahaan pemberi kerja. Di antaranya, dari total kompensasi, bersedia menerima dalam bentuk uang fiat.

Pekerjaan sebagai pengembang blockchain tentu saja yang paling banyak dicari dengan gaji tertinggi. Dalam konteks gaji di Silicon Valley, pengembang blockchain digaji hingga US$158 ribu per tahun. Bandingkan dengan pengembang peranti keras tingkat senior di NVidia diganjar gaji US$135 ribu per tahun. Di Swiss pengembang blockchain mendapat bayarkan US$120-180 ribu per tahun. Sedangkan di Inggris, dengan pekerjaan serupa hanya digaji US$50-90 ribu per tahun. Bagaimana dengan gaji pengembang blockchain lepas alias freelancer. Kirill Shilov di dalam blog-nya mengungkapkan, ia pernah diganjar sebagai konsultan blockchain US$50-100 per jam.

Berdasarkan data dari Valuewalk, 70 persen lowongan kerja di dunia blockchain, didominasi oleh bidang teknis. Sisanya, non teknis diisi oleh tech writer, business developer, dan content marketers. Masih dari sumber serupa, gaji pengembang blockchain mencapai US$79,9 ribu per tahun dengan keahlian utama di bidang digital security dan smart contract. Sementara itu pekerjaan sebagai community manager berhak mendapatkan imbalan US$53 ribu per tahun. Seseorang yang menjabat pekerjaan ini bertanggung jawab mengelola basis pengguna, berinteraksi dengan pengguna melalui beragam media sosial dan kanal lainnya, termasuk menjalin hubungan baik dengan media massa ataupun blogger.

Ke depan, keahlian di bidang blockchain akan terus dicari, seiring dengan adopsi massal terhadap blockchain itu sendiri. Diperkirakan tahun depan dinamika industri blockchain akan semakin tinggi dengan semakin banyak peminat dan pemainnya.

Berikut beberapa website yang secara khusus menayangkan lowongan kerja terkait industri dan bisnis blockchain: Blockchainjob.io, Crypto.jobs, Blockrepublic.io, Cryptohire.io, dan acryptoaday.com. [vins]

Be the first to write a comment.

Your feedback