Bitcoin Cash Rencanakan Hard Fork di Bulan Mei

Kabar hard form Bitcoin Cash (BCH) datang dari Amaury Séchet, salah satu pengembang perangkat lunak Bitcoin ABC. Menurutnya, hard fork Bitcoin Cash akan terjadi pada tanggal 15 Mei 2018. Fitur-fitur penting akan ditambahkan dalam sistem Bitcoin Cash.

Dua elemen penting yang akan menjadi fokus hard fork kali ini, salah satunya adalah peningkatan kapasitas blok dari yang ada sekarang menjadi 32 MB. Dengan peningkatan kapasitas atau ukuran setiap blok, maka jumlah transaksi yang bisa dikonfirmasi ke dalam jaringan juga akan semakin banyak dibanding sekarang. Oleh karena itu, waktu tunggu pengguna juga akan semakin singkat dalam mengkonfirmasi transaksi. Diharapkan, peningkatan kapasitas ini akan menambah jumlah pengguna Bitcoin Cash di seluruh dunia.

Elemen berikut yang juga penting adalah penambahan opcode (operation code atau kode operasi) dalam skrip yang boleh dibuat dalam Bitcoin Cash sehingga lebih menyerupai Ethereum. Selain itu, opcode tambahan akan memungkinkan teknologi colored coin yang selama ini masih menjadi teori dalam jurnal ilmiah, dapat diterapkan dalam Bitcoin Cash. Dengan colored coin, maka mata uang kripto akan menjadi tidak hanya sebagai alat pembayaran tetapi juga sebagai representasi aset, di mana perpindahan aset tersebut dapat dilacak dengan mudah dalam blockchain.

Beberapa perangkat lunak yang mendukung Bitcoin Cash, yakni Bitcoin ABC, Bitcoin Unlimited, dan Bitcoin X, akan mengikuti rencana hard fork Bitcoin Cash ini, demikian menurut rencana yang disampaikan Amaury Séchet dalam acara Satoshi’s Vision baru-baru ini. Untuk mengadopsi hard fork ini, pengguna harus menggunakan perangkat lunak versi terbaru dari Bitcoin ABC, yakni versi 0.17.0.

Bitcoin Cash sendiri merupakan hasil fork dari Bitcoin. Hingga di titik tertentu pada bulan Agustus tahun lalu, Bitcoin Cash mengikuti jalan yang berbeda dalam menyelesaikan persoalan skalabilitas dalam sistem Bitcoin, yang saat itu menjadi persoalan besar. Empat tahun tidak cukup untuk menyelesaikan permasalahan, hingga pada akhirnya kedua pihak yang berseberangan memilih jalan yang berbeda. Bitcoin Cash yang digawangi Roger Ver membentuk mata uang kripto baru dengan mempertahankan protokol asli sembari meningkatkan ukuran blok. Sementara Bitcoin Core memilih untuk mempertahankan ukuran blok sebesar 1 MB sambil melakukan efisiensi penggunaan ruang melalui teknologi yang disebut sebagai Segregated Witness (SegWit).

Namun, rencana hard fork Bitcoin Cash bulan Mei ini bukan untuk membuat koin baru, melainkan mengubah sistem saja, sehingga fitur baru bisa dimasukkan dan digunakan oleh pengguna.

Be the first to write a comment.

Your feedback