Bitcoin Core Akan Merilis SegWit (Soft Fork) November Nanti

Protokol Bitcoin akan segera menemui beberapa perubahan. Segregated Witness, juga dikenal sebagai SegWit, yang kebetulan menjadi salah satu solusi skalabilitas akhirnya sudah siap untuk dirilis.

Tim pengembangan dari Bitcoin core melaporkan sudah menetapkan sebagian besar masalah yang berkaitan dengan paket perangkat lunak SegWit v 0.13.1. Versi terbaru ini hampir siap untuk dirilis dan diterapkan dalam kondisi saat ini. Namun, mungkin masih ada beberapa yang diperlukan setidaknya satu tahun untuk menerapkannya karena masih perlu menggalang dukungan dari 95 persen masyarakat/komunitas penambang.

Baca juga: Awas Jaringan Ethereum Tidak Stabil

1471355667115461

Protokol SegWit diharapkan dapat meningkatkan efisiensi protokol Bitcoin dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menghitung hash transaksi dalam memverifikasi transaksi. Hal ini dicapai dengan cara memisahkan bagian lunak transaksi dari hash transaksi; dengan demikian, secara efektif akan mengurangi jumlah perhitungan yang akan dilakukan oleh jaringan Bitcoin untuk proses verifikasi. Pelaksanaan SegWit juga diharapkan akan lebih memperkuat protokol Bitcoin dengan mencegah serangan.

Keberhasilan pelaksanaan Segregated Witness juga akan mempercepat pengembangan dan implementasi Lightning Network. Kode biner untuk versi terbaru dari SegWit saat ini tersedia di GitHub. Sampai saat ini, komunitas pengembang telah menetapkan 70 masalah. Meskipun beberapa pengembang mengklaim bahwa kode SegWit sudah siap untuk disebarkan dalam kondisi saat ini, SegWit akan dirilis pada tanggal 15 November 2016 nanti, seperti yang dinyatakan oleh pengembang Pieter Wuille.

Pelaksanaan SegWit akan melibatkan Bitcoin soft-fork, yang mungkin tidak cocok dengan anggota masyarakat Bitcoin tertentu yang cenderung ke arah hard fork untuk meningkatkan ukuran blok minimum. Alternatif untuk Bitcoin Core, Bitcoin Classic dan Bitcoin Unlimited juga menerima traksi dalam beberapa hari terakhir.

Meskipun tim pengembangan Bitcoin core telah membuat kemajuan besar dengan SegWit, penundaan karena konflik internal di antara komunitas Bitcoin telah menunda pengskalaan dari jaringan Bitcoin. Jika laju pembangunan saat ini dan penyebaran terus berjalan, mata uang digital ini akan segera menemui masalah yang serius karena meningkatnya beban transaksi dan waktu pemrosesan.

Ref: GitHub, Twitter, Main Archive, Bitcoin Core

Bitcoin Core Akan Merilis SegWit (Soft Fork) November Nanti

Be the first to write a comment.

Your feedback