Bitcoin Mengalami Penurunan Hampir Sebanyak 20%, Bursa Pertukaran Yang Terkena Hack Menguatkan Penurunan Harga Bitcoin.

Harga bitcoin turun tajam pagi dini hari tadi, penurunan ini di indikasikan oleh para pelaku pasar global yang bereaksi terhadap berita bahwa salah satu bursa pertukaran mata uang digital terbesar Bitfinex telah terkena hack.

Bursa pertukaran Hong Kong Bitfinex telah menghentikan perdagangannya setelah menemukan pelanggaran keamanan, termasuk memutuskan untuk menghentikan situsnya serta menghentikan semua proses penarikan dan deposit untuk sementara waktu. Perwakilan dari bursa pertukaran mengatakan kepada salah satu media online besar CoinDesk para teknisi berusaha untuk mengungkap masalah-masalah hack pada saat pernyataan press, meskipun perusahaan telah mengkonfirmasi sekitar 120.000 BTC (lebih dari $ 60m) yang hilang atau dicuri melalui media sosial reddit.

Baca juga: 9 Manfaat & 7 Tantangan Teknologi Blockchain

Dampak nyatanya, harga bitcoin kini jatuh ke $ 560,16 pukul 19:30 UTC, $ 530 pukul 23:30 dan $ 480.

Arthur Hayes, CEO dari perusahaan trading Leverage bitcoin BitMEX, menekankan bahwa kejadian ini memiliki efek yang jelas dan terukur pada harga bitcoin.

“Sebuah hack berprofil tinggi ini tidak baik untuk sentimen dan membatasi kemampuan untuk pelaku pasar dalam menjaga pasar agar tetap teratur.”

Pengamat pasar dan trader Jacob Eliosoff memberikan masukan yang sama, bahwa kejadian ini telah memicu gelombang ketidakpastian.

Para pelaku pasar memperdagangkan lebih dari 600.000 BTC melalui bursa pertukaran Bitfinex selama 30 hari sampai 2 Agustus ungkap Data dari Bitcoinity. Angka tersebut mewakili 1,6% dari 39m BTC yang ditransaksikan melalui berbagai bursa selama periode 30-hari.

Dampak Dari Halving

Penurunan harga ini tidak hanya menjadi satu-satunya alasan dari masalah yang terjadi di Bitfinex.

Harga Bitcoin mengalami pergerakan ke bawah secara bertahap selama beberapa hari ini, pengamat pasar menunjuk bahwa halving pada jaringan bitcoin sebagai penyebabnya. Kejadian ini mengakibatkan penurunan sebanyak 50% dalam subsidi pertambangan di jaringan bitcoin – yang menghasilkan visibilitas secara signifikan ketika berlangsung pada 9 Juli kemarin.

Pada saat itu, tidak ada perubahan besar dalam harga bitcoin.

Mencari Makna Dari Penurunan Harga

Penurunan harga di bawah $ 600 juga dapat menunjukkan perubahan dari sentimen bullish yang sejauh ini telah diperlihatkan selama awal 2016.

Sebagai contoh, Joe Lee, pendiri Platform trading leveraged derivatif Magnr, menyatakan bahwa penurunan harga bitcoin di bawah $ 600 ini dapat menunjukkan bahwa fundamental jangka panjang mata uang yang masih lemah.

Dia menekankan bahwa pengamat pasar akan memantau harga bitcoin “untuk melihat berapa banyak dari pertumbuhan bitcoin yang stabil yang telah berasal dari pemegang jangka panjang”.

Kedepannya, pengamat pasar juga memberikan prediksi tentang ke mana harga bitcoin akan pergi selanjutnya. Saat ini bahwa mata uang digital telah turun dibawah $ 600.

Tim Enneking, Chairmain dari manajer investasi cryptocurrency EAM, menafsirkan penurunan harga baru-baru ini sebagai bukti dari fallback pasca-halving, lanjut menyatakan bitcoin yang akan mencari dukungan di atas $ 500.

Zivkovksi mengatakan bahwa penurunan mata uang digital di bawah $ 600 “merupakan sinyal awal dari tren bearish jangka menengah yang didukung oleh squeeze panjang yang kuat dan ketenangan dalam kepentingan bitcoin oleh masyarakat umum.”

Sementara analis ini menunjukkan kelemahan di masa depan mata uang digital dan potensi penurunan nya, Demeester menekankan bahwa “melihat tanda-tanda mengapa pasar bull ini berakhir,” tetapi ia diharapkan dengan harga yang akan “pergi jauh lebih tinggi selama 12 bulan berikutnya”.

Gambar Grafik dari bitcoinwisdom

Bitcoin Mengalami Penurunan Hampir Sebanyak 20%, Bursa Pertukaran Yang Terkena Hack Menguatkan Penurunan Harga Bitcoin

Be the first to write a comment.

Your feedback