Bitcoin Tidak Memiliki Pemimpin/Leader, Dan Mungkin Itu adalah Hal Yang Baik

Brian Hoffman adalah CEO dari OB1, startup yang mengawasi pembangunan proyek pasar OpenBazaar yang berdasarkan blockchain, dan ketua pendiri asosiasi di Booz Allen Hamilton.

Dalam artikel opini ini, Hoffman membahas perdebatan bagaimana caranya agar bitcoin bisa dimaksimalkan, dan mengapa kurangnya jaringan kepemimpinan mungkin bisa menjadi suatu berkat/anugerah atau suatu kutukan.

Nampaknya sudah cukup jelas bahwa di dalam dunia pengembangan perangkat lunak open-source bagi siapa pun, dimana saja dapat dimulai dengan membaca kode dan mulai melakukan suatu percobaan yang mereka inginkan.

Baca juga: Apakah Harga Bitcoin Akan Mencapai $ 440 – $ 500 Sebentar Lagi?

Akan tetapi, semua itu akan menjadi rumit ketika kode yang dimodifikasi ingin di kembali ke repositori sumber. Ketika seorang programmer mulai melibatkan proyek komunitas dengan ide atau kontribusi kode proyek tersebut akan menimbulkan reaksi kekaguman dan penerimaan.

Hal tersebut di karenakan setiap proyek memiliki budaya tertentu yang dibuat oleh anggotanya dan dibudidayakan oleh pemimpin atau pemimpin proyek.

Namun, apa yang akan terjadi jika sebuah proyek tidak memiliki sosok pemimpin?

Sebuah pesawat terbang yang tidak memiliki pilot pasti akan mengalami kecelakaan/jatuh ke tanah atau laut. Namun perlu diingat proyek open-source tidak dijalankan oleh mesin yang gagal tanpa pengemudi, mereka lebih tangguh, seperti sebuah negara yang kepemimpinannya telah dihapus secara paksa, vakum dan perebutan kekuasaan akan muncul ketika tidak ada salah satu pemimpin di atas negara tersebut.

Satoshi Nakamoto membuat bitcoin dan berdiam disitu dalam waktu yang cukup lama untuk memastikan sistem bitcoin itu di tangan yang baik dan membuat kemajuan. Atau mungkin dia tidak. Mungkin saja mereka dibiarkan karena alasan lain.

Terlepas dari motivasi untuk bergerak, komunitas bitcoin yang masih tersisa masih mencari Satoshi berikutnya untuk memberitahu kita apa yang akan terjadi selanjutnya.

Saya benar-benar yakin bahwa bagian dari masalah ini adalah bitcoin sebagai sebuah ide yang begitu revolusioner dan kontroversial yang tidak hanya menarik para ilmuan cerdas dan pintar, bitcoin juga menarik bagi para penipu, orang-orang idiot, politisi, ekonom dan siapa saja yang terhubung dengan koneksi internet.

Namun siapa yang harus mengontrol masa depan bitcoin? Apakah kita diharapkan untuk percaya kepada beberapa macam aktor yang bersama-sama berada di ruang meja bundar (roundtable) atau chatting dan hanya menyepakati solusi yang muncul di setiap masalah?

Saya berpendapat hal ini merupakan pendekatan yang pada akhirnya ditakdirkan untuk gagal.

Kita tidak harus mencoba untuk meniru model pembangunan yang ada, karena tidak ada model yang sudah ada yang cocok dengan apa yang terjadi. Belum ada proyek yang begitu besar dan begitu penting yang tidak memiliki seorang pemimpin atau beberapa organisasi yang mengendalikan secara langsung.

Saya rasa kita tidak memerlukan Developer Inti Bitcoin; kita hanya memerlukan Pengembang inti Bitcoin.

Semua orang dari para pengguna, penambang dan para pengembang inti itu sendiri juga harus berhenti berpura-pura seperti bitcoin adalah milik mereka sendiri.

Kita versus Mereka

Bitcoin merupakan permissionless jadi mengapa kita semua begitu terobsesi dengan mencari tahu siapa pemiliknya? Mengapa kita memberikannya kepada para pengembang inti? Mengapa kita berkapitulasi dengan para penambang Cina? Mengapa kita harus bingung oleh beberapa pengguna yang kurang informasi yang bahkan tidak bisa membaca kode sumber apalagi tidak bisa melakukan penarikan?

Jika bitcoin akan tetap hidup maka kita tidak harus takut pada prinsip-prinsip yang mendasari open source itu sendiri. Kita tidak perlu takut untuk membiarkan jalan kita berbeda.

Jika kita tidak bisa bekerja sama dan menemukan cara untuk mengakomodasi permintaan fitur baru atau modifikasinya maka kemungkinan terbesarnya kita lebih baik menjadi dua, bukan satu. Jika kita tidak dapat menemukan cara untuk bekerja maka kemungkinan ada pembenaran untuk memiliki dua sisi Bitcoin yang terpisah.

Jika Anda melihat ikon Bitcoin Core dan Bitcoin Classic Slack group. Anda tidak bisa mengatakan perbedaan karena mereka sama. Kedua kelompok sama-sama berpikir bahwa mereka mewakili satu bitcoin yang benar, tapi itu hanyalah ilusi belaka.

Diibaratkan dua jendela yang berbeda, yang memandang ke luar ke satu obyek yang sama di dunia kripto.

Saya pikir ada kemungkinan bagi semua orang yang bekerja di bitcoin untuk bersama-sama dan memperbaiki masalah yang mengancam untuk merobek kita semua untuk terpisah, karena mereka semua juga manusia yang bisa berbuat salah.

Kita secara terus-menerus mendapatkan solusi rekayasa yang sangat brilian, tetapi sebenarnya itu adalah masalah sosial yang paling merugikan kita.

Jika kita tidak bisa mencari cara untuk menangani masalah tersebut maka saya akan sangat merasa senang jika kita memiliki beberapa tim pekerja yang bekerja pada visi bitcoin mereka sendiri. Saya tidak peduli siapa Anda, berapa lama Anda telah berkontribusi, berapa banyak baris kode yang Anda tulis atau yang ayahmu kerjakan, Anda tidak sendiri di bitcoin. Begitu pula saya.

Sebagai penutup saya percaya ada beberapa pedoman yang harus diikuti untuk memastikan masa depan yang menjanjikan bagi bitcoin:

  • Jangan takut untuk menyuarakan pikiran Anda
  • Jangan menjadi arogan
  • Jangan biarkan orang lain menahan inovasi atau kegembiraan Anda
  • Menulis kode
  • Sadarilah Anda tidak tahu apapun (tidak peduli siapa Anda)
  • Gunakan bitcoin Anda sehingga Anda dapat memahami apa itu bitcoin dan apa yang bukan bitcoin
  • Bekerja bersama-sama, tidak bertentangan.

Jika kita bisa membuat kemajuan dengan beberapa panduan ini dan belajar untuk menutup celah, saya tahu kita bisa membuktikan kepada dunia bahwa bitcoin bukan hanya percobaan yang gagal dan hanya dilanda dengan pertikaian.

Sumber artikel dari blog Medium Brian Hoffman.

Gambar via Shutterstock

Penting: Pendapat yang diungkapkan dalam artikel ini adalah dari penulis dan tidak mewakili suatu pandangan, dan tidak boleh dikaitkan dengan, Triv.

Bitcoin Tidak Memiliki Pemimpin/Leader, Dan Mungkin Itu adalah Hal Yang Baik

Be the first to write a comment.

Your feedback