BTCFork Community Ingin Melaksanakan Hard Fork Berdasarkan Scaling Proses Bitcoin

Debat Bitcoin scalling masih terus berlanjut, semua orang telah menyajikan solusi dan pendapat mereka. Namun komunitas Bitcoin masih bimbang dan saling bertentangan, bertanya-tanya apakah perlu untuk meningkatkan ukuran blok? Jika blok memang perlu ditingkatkan, berapa sih ukuran blok yang ideal, dan lain sebagainya?

Sekelompok anggota komunitas sudah mulai membuat inisiatif lain untuk mempengaruhi skala dengan menciptakan hard fork dari blockchain Bitcoin. Kelompok ini telah dibawa ke Reddit, menciptakan subreddit yang disebut BTCFork. Kelompok ini dibuat beberapa bulan yang lalu yang awalnya dipuji sebagai sebuah gerakan baru, dengan orang-orang yang mengharapkan beberapa perubahan radikal terhadap Bitcoin blockchain dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Kartu Kredit Melarang Penggunaannya Untuk Menggunakan Layanan Pembayaran Pada Backpage Iklan Sex, Bagaimana Dengan Bitcoin?

Subreddit BTCFork belum memberikan harapan, setidaknya untuk sekarang ini. Komunitas telah menciptakan sebuah proposal pada GitHub yang mana mereka mendiskusikan langkah ke depannya. Mereka percaya bahwa proses yang ada saat ini membatasi kebebasan memilih masyarakat Bitcoin, sehingga mustahil untuk mengusulkan dan melaksanakan proposal tanpa pengembang Bitcoin Core. Otoritas pengambilan keputusan telah berpindah dari komunitas ke kartel penambang dan pengembang inti.

Komunitas BTCFork mengungkapkan niatnya untuk mendemokratisasikan seluruh proses dengan menerapkan hard fork yang sesuai dengan visi asli Bitcoin. Proses evolusi Bitcoin mereka dibagi menjadi 3 bagian – Konsensus Abstraksi Layer, Percepatan Pembangunan Konsep, dan Implementasi Tingkat Kesiapan.

Konsensus Abstraksi Layer menawarkan cara untuk menilai dan melacak perubahan yang dibuat untuk blockchain oleh komunitas pengembang. Hal ini membawa akuntabilitas antara para partisipan dengan memfasilitasi mekanisme konsensus untuk menerapkan perubahan.

Percepatan Pembangunan Konsep, lebih seperti fitur prototype cepat pada blockchain, yang memungkinkan untuk melanjutkan pengembangan blockchain berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan pada masing-masing proposal. Proposal prototype ini bercabang, yang dapat diadopsi secara langsung setelah melalui proses review dan konsensus.

Tingkat pelaksanaan Kesiapan berfungsi sebagai indikator kematangan proposal. Hal ini akan memungkinkan masyarakat untuk melacak kemajuan yang dibuat pada setiap proposal. Dengan menjaga IRL sebagai referensi, pengembang dapat bekerja pada peningkatan berbagai aspek kode untuk memenuhi standar yang dibutuhkan.

Proposal BTCFork secara lengkap tersedia di sini.

Sekarang perlu untuk BTCFork mendapatkan momentum yang diperlukan untuk benar-benar mulai menerapkan usulan skalabilitas Bitcoin mereka. Mungkin, jika hal ini berjalan baik, perdebatan skala Bitcoin akan menemui titik terangnya.

Ref: r/BTCFork, GitHub

BTCFork Community Ingin Melaksanakan Hard Fork Berdasarkan Scaling Proses Bitcoin

Be the first to write a comment.

Your feedback