Cara Membuat Ethereum Name Service (ENS)

Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya, Ethereum Name Service (ENS) bermanfaat untuk mengirimkan Ether secara mudah, tanpa menggunakan rangkaian karakter address ETH yang panjang itu. Cukup menggunakan nama sederhana misalnya: klienbisnis.eth. Ini menghindari kekeliruan memasukkan alamat dan mempercepat proses transaksi tentu saja. Dalam tutorial kali ini, kita membuat ENS agar ENS dapat sukses menjadi milik Anda.

Sama seperti DNS (Domain Name Service), ENS pada dasarnya adalah milik publik dan siapa saja berhak memilikinya, tetapi dalam dalam konteks menyewa selama kurang lebih selama satu tahun. Namun skema kepemilikan di ENS dilakukan dengan sistem lelang (auction). Siapa yang menawar lebih tinggi, dialah yang berhak memilikinya. Tetapi besaran tawaran (bid) tidak diketahui oleh siapapun sebelum dalam rentang waktu lima hari.

Jadi, misalnya hari ini Anda ingin membuat ENS klienbisnis.eth, maka peran Anda adalah melakukan proses lelang dan Anda melakukan proses penawaran (bid) pada lelang tersebut. Berikutnya Anda perlu menunggu selama tiga hari sebelum masuk ke tahap pengungkapan tawaran. Proses ini adalah proses pembuktian bahwa Anda memang pernah melakukan bid sebelumnya.

Dalam artikel ini kami tak menggunakan MetaMask tetapi menggunakan MyEtherWallet (MEW) untuk memudahkan transaksi. Tetapi, jikalau sebelumnya Anda memiliki akun di MetaMask, gunakan private key agar dapat dibuka di MEW. Penting dicatat, bahwa saya membuat ENS ini dimulai pada Senin, 6 Agustus 2018.

Registrasi ENS (Senin, 6 Agustus 2018)

  1. Pastikan Anda memiliki cukup Ether di MyEtherWallet (MEW) untuk pembuatan ENS ini. Setidaknya 0,01 ETH termasuk biaya GAS. Dalam hal ini di MEW kami memiliki 0,1 ETH.
  2. Masuklah ke web https://www.myetherwallet.com/#ens dan ketikkan ENS yang Anda inginkan. Pada tutorial ini, kami memasukkan: seputarkripto.eth, lalu klik tombol Check ENS Name.
  3. Geser laman ke bawah, seketika muncul tulisan: seputarkripto.eth is available!, yang berarti ENS seputarkripto.eth tersedia dan bisa kami miliki. Di bagian bawahnya, Anda diminta masuk ke akun MEW dengan beragam cara yang disediakan.
  4. Setelah Anda masuk, ENS yang Anda inginkan langsung ditampilkan. Pada bagian Actual Bid Amount, minimal biayanya adalah 0,01 ETH. Anda bisa menaikkan jika perlu. Pastikan jumlah ini Anda ingat, sebagai bentuk pembuktian di langkah pengungkapan penawaran nanti. Dalam hal ini kami tidak mengubah nominalnya.
  5. Di bagian bawah berikutnya, di bagian Bid Mask, Anda harus memasukkan ETH yang lebih besar atau sama daripada Actual Bid Amount. Gunanya adalah untuk menyamarkan besaran tawaran yang sesungguhnya. Di sini kami memasukkan 0,02 ETH.
  6. Di bagian Secret Phrase terdapat tiga kata yang diperlukan pada langkah peungkapan penawaran. Simpan baik-baik, atau kalau perlu lakukan screenshot. Namun demikian, Anda diperbolehkan menggantinya.
  7. Setelah semua selesai, klik tombol Start the Auction di bagian bawah. Pada kotak dialog yang muncul Anda diminta melakukan screenshot dan menyalin skrip transaksi di bagian bawah, lalu klik tombol Ya, Laksanakan Transaksinya.
  8. Periksa address ETH Anda untuk mengecek apakah transaksi telah selesai.
  9. Pada akun MEW Anda, terdapat informasi yang sama pada laman sebelumnya dan pastikan kembali Anda melakukan screenshot. Khusus di bagian skrip, lakukanlah penyalinan.
  10. Di bagian itu pula terdapat informasi: Reveal Date Thu Aug 09 2018 16:24:08 GMT+0700 (Waktu Indonesia Barat). Itu adalah masa akan berlangsungnya tahap pengungkapan, yakni pada 9 Agustus Pukul 16:24:08 Waktu Indonesia Barat. Artinya, setelah tanggal tersebut, Anda punya waktu kurang dari 48 jam untuk menyematkan bukti penawaran (bid) Anda.
  11. Nah, pada tahap ini, tunggulah hingga tanggal tersebut dan bersiap melakukan pengungkapan (reveal).
  12. Sekarang kita memastikan kembali, apakah proses yang kita lakukan di atas benar-benar sudah masuk proses pelelangan. Silahkan refresh laman: www.myetherwallet.com/#ens dan lakukan pengecekan nama ENS. Perhatikan bahwa terdapat pemberitahuan bahwa proses lelang sedang berlangsung. Patut diingat, bahwa masa pengungkapan tawaran (reveal bids) akan jatuh pada Kamis, 9 Agustus 2018 pukul 16:26 WIB dan keseluruhan proses lelang akan berakhir pada Sabtu, 11 Agustus 2018 pukul 16:26 WIB.

Pengungkapan Tawaran (Kamis, 9 Agustus 2018)

  1. Login ke MEW Anda dan buka kembali laman www.myetherwallet.com/#ens, dan ketikkan ENS yang Anda tawar (bid) sebelumnya. Dalam hal ini saya mengetikkan: seputarkripto, lalu klik tombol Check ENS Name. Anda perhatikan terdapat pesan, bahwa pihak-pihak yang sebelumnya melakukan penawaran (bid) harus melakukan pengungkapan tawarannya. Di sini kita sendiri tidak tahu siapa saja yang menawar sebelumnya dan berapa nilai tawarannya.
  2. Sekarang masuklah ke akun wallet Di bagian kiri paste-kan skrip transaksi yang telah Anda salin sebelumnya pada tahapan awal lelang.
  3. Di bagian Actual Bid Amount, sesuaikan dengan tahapan sebelumnya, yakni 0,01.
  4. Masukkan Secret Phrase, kemudian klik tombol Reveal Your Bid.
  5. Ingat bagian nomor 2, 3 dan 4 adalah aspek penting. Informasinya tidak boleh keliru.
  6. Pada laman berikutnya yang muncul, pastikan semua bukti penawaran sudah sesuai kemudian klik tombol Ya, Laksanakan Transaksinya.
  7. Untuk memastikan transaksi berhasil, silahkan periksa TxHash-nya di etherscan.io pada tab browser Ini hasil transaksi kami: https://etherscan.io/tx/0xe4afa9974f6bf8b8c5e23d830c3e85755ecfb081bde38f6ef73278df3062f394
  8. Kembali ke laman www.myetherwallet.com/#ens, terdapat pesan Anda dipersilahkan kembali pada Sabtu, 11 Agustus 2018 pukul 16:26 WIB untuk memastikan apakah Anda berhak atas ENS itu.

Akhir Pelelangan (Sabtu, 11 Agustus 2018)

Setelah melewati tahap Pengungkapan Tawaran, sekarang saatnya menyelesaikan lelang dengan cara mengklaimnya.

  1. Sekarang kami memastikan terlebih dahulu, apakah ENS seputarkripto.eth sudah menjadi milik kami. Dengan masuk ke akun MEW, klik menu ENS dan ketikkan seputarkripto.eth di baris yang tersedia, lalu klik tombol Check ENS Name.
  2. Terlihat di bagian bawah pesan: seputarkripto.eth is already owned. Itu artinya tahap Pengungkapan Penawaran yang dilaksanakan sebelumnya berhasil dan ENS itu sudah resmi milik Anda.
  3. Klik tombol Selesaikan seputarkripto.eth di bagian bawah. Pada tampilan berikutnya langsung saja klik tombol Ya, Laksanakan Transaksinya. Cek transaksi dan tunggu hingga selesai.
  4. Kembali ke akun MEW, klik menu Kontrak. Pada laman yang muncul, pilih ENS: Public Resolver dari bagian Pilih Kontrak yang Ada, hingga bagian Alamat Kontrak dan Interface ABI/JSON terisi. Lalu klik tombol Akses.
  5. Salinlah Address Kontrak tersebut ke Notepad. Dalam hal ini milik kami adalah: 0x5FfC014343cd971B7eb70732021E26C35B744cc4
  6. Masih di laman Kontrak, sekarang pilih ENS:Registry di bagian Pilih Kontrak yang Ada, lalu klik tombol Akses.
  7. Di bagian bawah di bagian Select a Function, pilih setResolver hingga muncul dua bidang pengisian di bawahnya, yakni node bytes32 dan resolver address. Isikan Address Kontrak yang Anda salin sebelumnya ke bagian resolver address.
  8. Untuk mendapatkan node bytes32 bukalah tab baru dan buka etherscan.io. Di bagian sudut kanan atas, ketikkan ENS. Dalam hal ini tentu saja adalah seputarkripto.eth dan klik tombol GO. Salin Name Hash dan masukkan ke bagian node bytes32 di laman Kontrak MEW. Dalam hal ini Name Hash kami adalah: 0x3e0655b020bee07c03b1f50970fa02c4ebcdc35a4bbbe0ec78778c3f87249c35. Lalu klik tombol Write di bagian bawah dan lakukan transaksi. Tunggu hingga transaksi berhasil.


  9. Kembali ke laman Kontrak, dan pilih ENS:Public Resolver kemudian klik tombol Akses.
  10. Pada bagian Function, pilih setAddr. Pada bagian baru yang muncul masukkan Name Hash yang sama di bagian node bytes32. Sedangkan di bagian Addr Address masukkan address ETH Anda. Dalam hal ini adalah: 0x6bc24229484fC082f50948474a16c300d9E8053B. Klik tombol Write dan lanjutkan transaksi hingga selesai.

Pada artikel berikutnya akan dibahas cara-cara pengelolaan ENS, termasuk membuat sub-ENS (vins)

 

 

Be the first to write a comment.

Your feedback