CEO Twitter: Bitcoin Akan Jadi Mata Uang Tunggal Dunia

Jack Dorsey, CEO Twitter dan Square percaya bahwa Bitcoin pada akhirnya akan menjadi satu-satunya mata uang di Internet yang akan digunakan oleh semua orang di dunia. Meskipun saat ini hal tersebut masih jauh dari kenyataan, di mana saat ini hanya setengah persen dari total penduduk dunia (atau sekitar 3,3 juta orang) yang benar-benar menggunakan bitcoin, namun tingkat adopsi yang terus melesat tajam dan penggunaan Internet yang semakin melekat dalam kehidupan sehari-hari, mungkin saja mimpi Dorsey terwujud di masa depan.

Dorsey mengakui bahwa saat ini Bitcoin masih menghadapi tantang yang amat berat dari sisi teknis sebelum memungkinkan mata uang ini diadopsi dan digunakan oleh lebih banyak orang. Saat ini sistem Bitcoin masih lambat dan mahal, namun tidak menutup kemungkinan hal ini akan diatasi dengan inovasi-inovasi baru yang dapat diterapkan untuk meningkatkan fitur Bitcoin.

Dorsey tidak sekedar bicara. Ia sendiri menjadi pendukung salah satu teknologi terbaru Bitcoin dengan menjadi kontributor pendanaan Lightning Lab yang mengembangkan Lightning Network, yang digadang-gadang sebagai teknologi kunci bagi peningkatan kapasitas Bitcoin hingga berkali-kali lipat dari yang ada saat ini. Bahkan Square, perusahaan miliknya, telah mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan layanan berbasis Bitcoin dalam waktu dekat.

Lebih lanjut lagi, Dorsey menyatakan bahwa Bitcoin tidak hanya akan menjadi mata uang dalam perdagangan, namun juga akan memberikan jalan bagi transformasi industri. Hal inilah yang memacu dirinya untuk belajar teknologi baru ini secepat mungkin.

Pandangan CEO Twitter ini sangat bertolak belakang dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan raksasa lainnya, Google dan Facebook, yang telah melarang materi iklan yang mengandung mata uang kripto apapun dalam platform mereka. Meskipun demikian, rumor mengatakan bahwa media Twitter akan mengikuti jejak Google dan Facebook dengan memperketat iklan yang masuk dalam platform mereka yang terkait dengan mata uang kripto.

Pernyataan Jack Dorsey ini sempat menjadi angin segar bagi pasar Bitcoin. Perdagangan Bitcoin mencatatkan kenaikan harga sebesar 1% ke harga US$9.089 sebelum kemudian turun lagi ke harga US$8.835. Tampaknya volatilitas Bitcoin tidak menjadi masalah bagi Jack Dorsey yang meyakini bahwa Bitcoin akan sukses besar di masa depan.

Sumber gambar: bitcoinist.com

Be the first to write a comment.

Your feedback