China Dan Segala Rumor Yang Ada.

Banyak rumor yang beredar, dan sumbernya pun belum bisa dikonfirmasi terkait klaim dari pemerintahan China yang ingin melarang bursa pertukaran Bitcoin. Berbagai outlet berita Barat juga menebarkan cerita/berita ini meski tidak memiliki sumber terpercaya mengenai informasi ini. Menurut saya hal semacam itu tidak benar. Mengapa? Karena baru kemarin semua bursa China melakukan upgrade KYC dan AML secara besar-besaran dan tidak mungkin jika pemerintah China akan melakukan pelarangan pada bursa pertukaran bitcoin.

Di atas kertas, tidak ada alasan satupun bagi pemerintah China untuk melarang bursa pertukaran beroperasi. Semua platform di China kini sudah mematuhi peraturan yang PBoC buat. Beberapa bulan yang lalu, semua platform harus menjalani upgrade AML dan semua bursa disana mematuhi hal tersebut. Memang benar, mereka menindak ICO kripto-currency dan perdagangan platform yang disebut token tapi tidak melarang Bitcoin bahkan bursa pertukaran untuk tidak beroperasi.

Bloomberg maupun WSJ melaporkan berita isu yang sama tentang apa yang direncanakan oleh pemerintah China. Sementara itu keduanya merupakan outlet berita yang memiliki reputasi bagus di dunia, namun masih belum jelas dari mana mereka mendapatkan informasi terkait hal tersebut. Tidak ada pertukaran China yang diperintahkan untuk menutup atau membatasi layanannya sampai saat ini juga. Selain itu, muncul berbagai teori mengapa berita ini disebarkan atau diatur untuk disebar luaskan. Beberapa anggota komunitas berspekulasi mengenai masalah ini yang merupakan arah untuk memanipulasi harga besar-besaran yang berusaha untuk menurunkan nilai Bitcoin.

Ya memang benar jika negara China memiliki sejarah kental yang berkaitan dengan Bitcoin sejauh ini. PBoC awalnya mengeluarkan peringatan tentang kripto-currency. Awal tahun ini, mereka berpendapat lain dan memutuskan untuk mengatur aktivitas bursa pertukaran Bitcoin serta mendukung Bitcoin. Begitu banyak pekerjaan yang telah dilakukan untuk membangun ekosistem Bitcoin yang kredibel di China. Tidak ada alasan lain untuk membatalkan semua yang telah mereka kerjakan tersebut. Dengan tidak adanya bursa pertukaran yang menerima pemberitahuan resmi terkait hal diatas, rumor yang kini beredar di China hanya sebuah kebohongan besar, namun berita atau isu yang terkait dengan ICO itu benar dan sekarang China baru mulai menggodok peraturan terkait ICO di negaranya tersebut. Sangat menyedihkan jika melihat berita semacam itu yang berpotensi besar membawa kebohongan dan menjadi topik utama di media besar.

Be the first to write a comment.

Your feedback