Ethereum Lampaui Sejuta Transaksi Harian, Tertinggi Sejak Desember

Ethereum mengalami lonjakan jumlah transaksi yang amat signifikan, yakni lebih dari 200 ribu transaksi per hari hanya dalam waktu sehari. Kenaikan yang signifikan ini membuat jumlah transaksi yang terkonfirmasi dalam jaringan Ethereum menjadi lebih dari sejuta transaksi harian.

Seiring dengan kenaikan jumlah transaksi yang dialami sistem Ethereum, kenaikan harga Ethereum juga terjadi di pasar-pasar seluruh dunia. Hingga saat ini belum dapat dipastikan faktor-faktor yang membuat kenaikan jumlah transaksi setajam ini.

Terdapat kabar yang menyatakan bahwa hal ini adalah perbuatan Binance yang sedang melakukan aktivitas di jaringan. Aktivitas ini menghabiskan banyak gas dan membuat sejumlah kecil Ether tertinggal di banyak alamat. Selain itu, aktivitas ini sangat mirip seperti aktivitas serangan terhadap jaringan Ethereum. Namun tidak lama kemudian, aktivitas ini berangsur-angsur normal.

Jumlah transaksi harian dalam sistem Ethereum terus mengalami kenaikan. Hingga kini tercatat 1,4 juta transaksi harian tersimpan dalam blockchain Ethereum.

Banyaknya jumlah transaksi dalam Ethereum membuat kenaikan signifikan media penyimpanan Ethereum menjadi lebih dari 1 TB, jauh meninggalkan catatan total penyimpanan Ethereum dua tahun lalu yang hanya 8 GB saja.

Besarnya media penyimpanan yang dibutuhkan Ethereum ini cukup mengkhawatirkan. Banyaknya informasi yang tersimpan di dalam blockchain Ethereum akan membebani sistem, dan pada akhirnya sistem ini akan kesulitan memberikan layanan kepada para penggunanya.

Teknik sharding yang sedang digarap mungkin saja mampu mengatasi persoalan ini, dengan mendistribusikan beban pekerjaan sistem ke dalam berbagai server, hingga membuat sistem menjadi lebih hemat sumber daya.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback