Faktor Kenaikan Harga Bitcoin: Alasan & Trend

Industri Bitcoin Jepang di Pasar Pertukaran Bitcoin Asia

Awal pekan ini saja, banyak para analis dan jaringan berita keuangan termasuk CNBC menyebutkan bahwa Jepang telah menjadi faktor pendorong dalam rally harga Bitcoin baru-baru ini.

Selama dua minggu terakhir, pasar pertukaran Bitcoin Jepang menunjukkan tingkat pertumbuhan yang cepat, menyalip berberapa pasar pertukaran Bitcoin yang ada di China dan AS dalam volume perdagangan harian.

Jepang juga pernah menjadi pasar pertukaran Bitcoin terbesar di dunia, walaupun menjadi pasar terbesar kedua setelah AS.

Awal tahun ini saja, pemerintah Jepang secara mengejutkan melakukan legalisasi Bitcoin sebagai mata uang resmi. Sejak saat itu, bursa pasar pertukaran Bitcoin di Jepang telah menarik minat berbagai investor dan pedagang secara signifikan.

Perusahaan dan konglomerat terbesar di negara itu termasuk ritel besar Bic Camera dan Peach Airlines juga telah menjadikan Bitcoin sebagai metode pembayaran resmi dan dalam beberapa bulan mendatang, ratusan ribu merchant, restoran, bar, kafe dan toko diharapkan dapat mengintegrasikan Bitcoin di setiap layanan mereka.

Yang lebih penting lagi, beberapa pertukaran Bitcoin Jepang seperti bitFlyer dan GMO Group juga telah mulai menargetkan investor institusi dan ritel dengan menyediakan saluran likuiditas dan regulasi yang tinggi untuk invetasi.

Investor Institusi

Di AS, Coinbase dan Gemini baru mulai menargetkan investor institusi pada bulan Agustus ini. Coinbase menjamin dana sebesar $ 100 juta untuk menciptakan infrastruktur yang lebih efisien bagi investor institusi, sementara Gemini yang bermitra dengan CBOE, option exchange terbesar di AS, untuk meningkatkan likuiditas bagi investor dan pedagang Bitcoin berskala besar.

Dalam pasar Bitcoin dan cryptocurrency Jepang, investor institusional dan ritel telah menyatakan ketertarikan mereka terhadap mata uang digital pada awal tahun 2016. Dengan infrastruktur yang diperlukan, adopsi Bitcoin secara mainstream telah meningkat drastis di negara tersebut yang dipimpin oleh perusahaan besar dan lembaga keuangan.

Karena infrastruktur perdagangan yang efisien dan hemat biaya, Jepang telah menarik investor dari China dan Korea Selatan, yang berfungsi sebagai pasar penting bagi pedagang Bitcoin dan investor Bitcoin institusional di Asia.

Mungkin Indonesia dapat menyontoh Jepang dan Negara besar lainnya untuk memajukan Bursa Pertukaran dan Regulasi tentang Bitcoin. Dan memanfaatkan keunggulan Bitcoin serta teknologi yang menyertainya untuk kemajuan Indonesia! Merdeka…!

Be the first to write a comment.

Your feedback