Fitur-Fitur Keunggulan dan Kekurangan Transaksi Jual/Beli Bitcoin

Fitur-Fitur Keunggulan dan Kekurangan Transaksi Jual/Beli Bitcoin

Penggunaan bitcoin sebagai mata uang virtual saat ini memang sedang populer di dunia. Bahkan cryptocurrecy yang terdesentralisasi ini kian ramai digunakan saat bertransaksi jual beli di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Penggunaan bitcoin sama seperti penggunaan mata uang konvensional, seperti dollar atau  rupiah, hanya saja tersedia dalam dunia digital.

Fitur-Fitur Bitcoin

Fitur-Fitur Keunggulan dan Kekurangan Transaksi Jual/Beli Bitcoin

Fitur-Fitur Keunggulan dan Kekurangan Transaksi Jual/Beli Bitcoin

Ada beberapa fitur dan keunggulan yang didapatkan jika bertransaksi jual/beli bitcoin, seperti berikut:

  • Proses Transfer Cepat Kemana Saja

Berbeda dengan emas, Bitcoin dapat ditransfer kemana saja dengan cepat, kapan saja dan dimana saja Anda berada. Transfer uang menggunakan bitcoin dapat terjadi dengan mudah hanya bermodalkan smartphne yang sudah terkoneksi internet.

  • Bitcoin Berjalan Tanpa Server Pusat

Inilah kenapa Bitcoin disebut juga sebagai cryptocurrency yang sifatnya terdesentralisasi. Hal tersebut dikarenakan bitcoin tidak mempunyai server pusat. Jadi karena server penyimpanannya terdistribusi, penggunaannya dapat di share ke berbagai server oleh semua pengguna yang telah terhubung dalam sebuah jaringan.

  • Minimnya Biaya Transfer

Biaya pengiriman bitcoin tergolong murah dibandingkan dengan nilai yang bisa ditransaksikan, anda bisa mengirim 100jt lebih keseluruh dunia hanya dengan biaya 50rb

  • Transaksi Bersifat Pseudonymous

Kelebihan memanfaatkan transaksi jual/beli bitcoin ini juga bersifat pesudonymous, yang artinya segala bentuk transaksi yang sudah pernah dilakukan oleh seseorang dapat kita lihat, akan tetapi kita tak tahu pemilik bitcoin sebenarnya jika si pemilik tak memberitahukannya. Selain itu, tiap pengguna Bitcoin juga bisa memilih untuk memunculkan namanya ataupun tidak, akan tetapi walaupun pengguna tersebut ingin identitasnya disembunyikan, semua bentuk transaksinya tetap saja tercatat dan bisa dipantau oleh orang banyak.

  • Transaksi Bitcoin Bersifat Irreversible

Transaksi menggunakan bitcoin tak bisa dibatalkan, terkecuali jika orang yang menerima bitcoin berseda untuk mengirimkannya kembali.

  • Transaksi Bitcoin Tidak Diatur Oleh Otoritas Pusat

Bitcoin yang memakai daatabase Blockchain tak diatur maupun dikontrol otoritas pusat, karena mata uang virtual ini sangat terbuka bagi umum sehingga sangat mustahil untuk seseorang memalsukan transaksi yang terjadi di Blockchain. Semua transaski sudah tercatat dengan transparan secara live dan tersebar hingga ke jutaan server. Jika seseorang ingin memalsukan atau mengubah data transaksi jual/beli bitcoin, maka ia harus melakukan peretasan hingga ke jutaan server tadi secara bersamaan.

  • Jumlah Bitcoin Terbatas

Suplai bitcoin jumlahnya terbatas hanya terdapat 21 juta Bitcoin saja di seluruh dunia. Selain itu, sistem penciptaan mata uang virtual ini terus berkurang selama 4 tahun sekali. Hal ini menyerupai sistem perekonomian yang berdasarkan deflasi. Tak hanya itu, semakin terbatasnya jumlah bitcoin, maka harga bitcoin pun cenderung meningkat.

Kekurangan Bitcoin

Fitur-Fitur Keunggulan dan Kekurangan Transaksi Jual/Beli Bitcoin

Fitur-Fitur Keunggulan dan Kekurangan Transaksi Jual/Beli Bitcoin

Dengan banyaknya pengguna di Indonesia yang memanfaatkan bitcoin, tentu Anda harus mengetahui kekurangan menggunakan mata uang ini. Transaksi Bitcoin Indonesia umumnya dilakukan hanya dalam hitungan detik lalu mulai mendapatkan konfirmasi dalam waktu 15-30 menit berikutnya.

kekurangan bitcoin untuk saat ini hanyalah nilai fluktuasinya yang membuat pengguna was-was ketika menerima pembayaran menggunakan bitcoin, dan disini lah peran exchanger untuk membuat adopsi bitcoin semakin meningkat.

Be the first to write a comment.

Your feedback