Harap-harap Cuan dari PewDiePie

PewDiePie gamer terkaya dan terkenal sedunia belum lama ini mengumumkan akan membuat video istimewa. Tapi, kali ini videonya tidak ditayangkan di akun Youtube miliknya. Sebagai gantinya, ia akan menggunakan layanan video streaming Dlive yang berbasis teknologi blockchain. Ia berjanji akan memberikan “sekantong uang kripto” untuk membantu mempromosikan tayangannya.

Pada 14 April 2019 nanti, PewDiePie akan menyumbangkan hingga US$50.000 kepada lebih 100 pengguna dalam siaran streaming langsung di DLive. Sumbangan DLive dapat dibuat melalui PayPal, tetapi semua dana segera dikonversi ke aset kripto LINO dengan tingkat percakapan US$0,0012 per token.

Dlive sebenarnya aplikasi desentralistik alias dAPP yang berjalan di blockchain LINO. Tahun lalu, startup yang membuatnya mendapatkan hasil urun dana dari ICO mencapai US$20 juta. Tujuan utamanya adalah membuat Youtube versi blockchain yang desentralistik dan memungkinkan semua partisipan mendapatkan cuan.

Pasti kamu penasara bagaimana caranya, kan? Begini, LINO memanfaatkan algoritma konsensus khusus yang disebut Proof of Human Engagement (PoHE). Dengan algoritma rumit itu, memungkinkan partisipan mendapatkan imbalan berupa aset kripto LINO berdasarkan tingkat interaksinya terhadap video yang ada di DLive. Contoh interaksi, misalnya jumlah frekuensi memberikan komentar yang baik pada kolom komentar video dalam rentang waktu tertentu, memberikan like atau jenis respons lainnya.

Ke depan, sebut pengembang LINO, pemirsa video bisa memperoleh imbalan kripto LINO berdasarkan durasi menontonnya. Nah, ini jelas-jelas sangat berbeda dengan menonton di Youtube, di mana penonton tidak mendapatkan imbalan apa-apa dari pengelola platform, kecuali si pembuat video yang memberikannya untuk Anda, itupun di luar sistem utama Youtube. Nah, di LINO ini, PewDiePie juga dapat memberikan aset kripto kepada pemirsanya untuk sebuah event tertentu. Wah, asyik! Jadi, dengan menggunakan blockchain dan tokenisasi pada imbalan, maka DLive dirasa relatif lebih adil daripada menggunakan platform tradisional seperti Youtube.

Ya, sebenarnya sistem yang keren seperti ini DLive memang bukan yang pertama. Sebelumnya, yang terkenal sejak 2015 adalah blogging platform Steem. Di sini penulis dan pembaca sama-sama bisa mendapatkan kripto STEEM dari aktivitas menulis mereka. [vins]

Be the first to write a comment.

Your feedback