Harga Emas Dekati Rp1 Juta per Gram, PaxGold Selalu Dilirik

Seperti diprediksi beberapa bulan sebelumnya, pada Sabtu, 25 Juli 2020 lalu harga emas batangan Antam bernilai mendekati Rp1 juta, yakni Rp989.000/gram. Beberapa jam lalu hari ini, harganya masih stagnan. Sudahkah Anda mengoleksi PaxGold bernilai emas di Triv?

PaxGold adalah aset kripto yang nilainya dipatok dengan harga emas batangan bersatuan troy oz atau setara dengan 31,1035 gram. Karena penerbit PaxGold diawasi oleh Departemen Jasa Keuangan Negara Bagian New York, Amerika Serikat, maka nilai dan kesahihannya selalu dijamin.

Berdasarkan pantauan di Coinmarketcap, harga 1 PaxGold adalah US$1.894,81 . Selama 7 hari terakhir harganya melejit dari US$1.806 atau naik sekitar 4,9 persen.

Kenaikan itu melengkapi kenaikan selama 3 bulan terakhir dari US$1749 dengan perubahan sekitar 8,3 persen.

Kenaikan harga emas asli dan aset kripto PaxGold tentu saja didorong sentimen positif terhadap emas sebagai aset lindung nilai terhadap kemungkinan adanya inflasi di masa depan.

Inflasi itu tentu saja berpangkal dari sejumlah stimulus ekonomi oleh banyak pemerintah negara dan kebijakan moneter berupa pelonggaran kuantitatif oleh sejumlah bank sentral untuk menyelamatkan ekonomi dari pandemi COVID-19.

Pelonggaran kuantitatif adalah istilah lain untuk menambahkan pasokan uang ke dalam ekonomi agar bisa diserap oleh individu dan perusahaan yang terdampak.

Masalahnya, pasokan uang yang banyak di ekonomi bisa berdampak pada inflasi alias menurunnya nilai uang itu sendiri. Jadi, orang-orang beralih ke aset seperti emas yang nilai dan harganya tidak pernah turun dari waktu ke waktu, sehingga cocok dijadikan alat lindung terhadap turunnya nilai uang.

Dilansir dari CNBC Indonesia 22 Juli 2020 lalu, Hans Albrecht, manager portofolio di Horizons ETF, memprediksi bahwa harga emas dunia akan mencapai US$ 2.000/troy oz pada akhir tahun ini.

Artinya dalam kurun tiga hingga enam bulan ke depan angka tersebut bisa tercapai. Begitupula dengan harga emas Antam yang mengikuti emas dunia untuk mencapai Rp1 juta per gram-nya.

“Dalam pandangan saya, harga emas punya peluang yang besar menuju US$ 2.000/troy ons di akhir tahun nanti, dan tahun depan akan jauh lebih tinggi,” kata Albrecht sebagaimana dilansir Kitco News.

Bagi Anda yang menyukai emas, tentu saja Anda menemukan beragam cara mengaksesnya.

Bagi Anda lebih senang membeli emas batangan sungguhan, Antam menyediakannya setiap saat. Tetapi mengandung risiko jikalau disimpan sendiri di rumah.

Bagi Anda yang tak ingin menanggung risiko itu, pilihannya adalah menabung emas di Pegadaian. Ini juga cara terbaik memiliki emas tanpa memegang emas aslinya. Dan ketika tabungan Anda setara dengan harga emas di pasar, maka bisa ditukarkan menjadi emas batangan sungguhan.

Produk pegadaian itu pada prinsipnya sama dengan aset kripto PaxGold yang diterbikan oleh Paxos Company asal New York. Perbedaannya adalah bagaimana ia dipresentasikan.

Kalau PaxGold jelas-jelas memanfaatkan smart contract khusus dan berjalan di blockchain Ethereum. Cara ini memberikan transparansi setiap transaksi PaxGold. Anda dapat dengan mudah memastikan transfer PaxGold memang benar-benar sampai dan selesai dilakukan dari pihak ke pihak lain.

Pun lagi, Anda tentu saja tidak harus membeli PaxGold sebanyak satu unit yang memang mahal itu. Anda cukup memulainya dengan harga Rp100.000 rupiah. Ini tentu saja memudahkan Anda yang ingin mengoleksinya secara periodik untuk menambahkan unit PaxGold Anda.

Untuk memulai mengoleksi PaxGold, Anda bisa membuka akun Anda di Triv. Happy Gold Day! [*]

Comments are closed for this post.