IBM Terjun ke Bisnis Mata Uang Kripto, Eksplorasi Teknologi Stellar Lumens (XLM)

Dalam pernyataannya kepada CoinDesk, IBM menegaskan bahwa mereka sedang melakukan penjajakan kepada berbagai perusahaan besar, platform perdagangan, dan bahkan bank-bank sentral untuk mengetahui bagaimana mata uang kripto dapat meningkatkan pemasukan bisnis mereka sembari menghemat ongkos yang harus mereka keluarkan untuk biaya operasional. Informasi dari IBM ini sangat menarik di tengah-tengah keringnya pemberitaan akan perusahaan raksasa yang bereksperimen dengan teknologi blockchain dan menggunakannya dalam aplikasi nyata berskala besar.

IBM baru-baru ini menunjuk Jesse Lund sebagai kepala pengembangan blockchain. Sebelum datang ke IBM, Jesse Lund bekerja untuk Wells Fargo, institusi perbankan besar di Amerika Serikat. Menurut Lund, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi saat ini adalah bagaimana meluncurkan aplikasi privat namun menggunakan topologi yang sama dengan blockchain publik. Sebagaimana telah menjadi rahasia umum, perbankan lebih menyukai tipe blockchain yang tertutup ketimbang model blockchain terbuka seperti yang ada pada blockchain. Alasannya adalah karena protokol Know Your Customer (KYC) dan Anti Money Laundering (AML) yang harus dipenuhi oleh sektor perbankan tidak dapat dilakukan dengan blockchain yang terbuka.

IBM mengaku bahwa pihaknya sedang berbicara dengan setidaknya 20 bank sentral tentang potensi untuk menerbitkan mata uang kripto nasional di negara-negara tertentu. Belum diketahui negara-negara mana saja yang dimaksud oleh IBM, namun disinyalir mereka ini adalah negara-negara yang tergabung dalam G20, termasuk China, Uni Eropa, Rusia, dan Amerika Serikat. IBM tidak dapat menampik bahwa mata uang terbaik adalah produk dari bank sentral, di mana mata uang ini juga menjadi alat kebijakan moneter sebuah negara.

IBM sedang mengeksplorasi teknologi milik Stellar Lumens, dan membagi karakteristik token menjadi 3:

  • token sekuritas: token yang merepresentasikan kepemilikan saham sebuah perusahaan
  • token utilitas: token untuk mengakses layanan aplikasi
  • token komoditas: token yang merepresentasikan komoditas seperti emas

Dengan tokenisasi, maka perdagangan komoditas dapat dipercepat dan efisiensi sistem dapat ditingkatkan. Metode-metode yang ada dalam industri mata uang kripto tampaknya akan menjadi komponen menarik untuk diadopsi ke dalam sektor publik, tidak hanya teknologi blockchain saja.

Be the first to write a comment.

Your feedback