Ini Tempat Keren “Ngelmu” Blockchain

Anda semakin penasaran tentang blockchain dan kripto? Anda tidak sendiri. Berdasarkan statistik GoogleTrend, jumlah pencarian dengan kata kunci “blockchain” meningkat dalam lima tahun terakhir. Untuk kategori WebSearch, tanjakan jumlah pencarian berarti dimulai dari April 2017 dengan indek 17 pencarian. Kemudian mencapai puncak tertingginya pada Desember 2017 dengan nilai indeks 92. Sejak bulan itu indeksnya menurun, seiring menurunnya harga bitcoin di pasar global. Hingga artikel ini ditulis indeks terakhir adalah 43, menurun lebih dari 50 persen. Dibandingkan dengan kategori ImageSearch, kata kunci “blockchain” melonjak dari indeks 16 pada awal 2017 hingga 96 pada awal Juni 2018.

Memang ada relasi kuat antara penurunan jumlah pencarian dengan harga bitcoin di skala global. Tapi secara khusus permintaan pekerja di bidang blockchain, khusus bidang developer, news writing, meme specialist dan community manager,trennya justru memuncak. Silahkan baca blog Triv soal ini. Berdasarkan data dari Indeed.com, informasi lowongan kerja terkait blockchain meningkat 207 persen mulai Desember 2016-Desember 2017. Berbanding November 2015, jumlahnya mencapai 631 persen. Sementara itu data dari Upwork, hingga kuartal ke-3 217, lowongan kerja blockchain expert berada di posisi ke-2 sebagai keahlian yang paling dicari.

Sedikitnya jumlah orang yang memahami seluk beluk blockchain, baik dari segi teknis, pemasaran dan publikasi, membuat tawaran gajinya tidak dapat dikatakan kecil. Ini berbanding lurus dengan berbagai tawaran kursus blockchain dan kripto secara online, baik yang berbayar atau gratis. Berikut rangkuman Triv tempat Anda bisa ngelmu blockchain.

International Business Machine (IBM)

Sebagai pemain senior di dunia teknologi komputasi, IBM tak mau tertinggal menggali makna terdalam blockchain. Ternyata dalam kurun waktu lima tahun terakhir, IBM dan sejumlah pihak lainnya menggeber blockchain besutan mereka sendiri dan dapat dicantolkan pada teknologi cloud IBM yang telah Ada sebelumnya. Belajar blockchain di sini cukup komprehensif, dengan medium teks, video dan infografis, termasuk use cases-nya. Iya, cocoklah bagi pemula, karena Anda tak akan menemukan belajar yang secara teknis kok.

 

Hyperledger

Ini masih terkait dengan layanan blockchain di IBM, karena di produk open source Hyperledger dibantu oleh IBM dan dikelola oleh Linux Foundation. Di Hyperledger belajar blockchain-nya lebih mendalam, mulai dari smart contract hingga pembuatan aplikasi desentralistik alias DApp. Yang menarik belajar di sini, sudah banyak use case yang nyata atau versi demo. Hyperledger sejak awal memang dibuat bagi kalangan perusahaan dengan produk-produk sebagai berikut: Burrow, Fabric, Iroha, Sawtooth, dan Indy. Kelima produk itu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang dirasa cocok dan spesifik, mulai dari smart contract, aplikasi blockchain dan data security. Anda dapat belajar lebih asyik di webminarnya.

 

B9lab

Kalau di sini lebih serius. Soalnya materi lebih terstruktur dan ada jangka waktu belajarnya plus sertifikatnya. Untuk “TH-26 Certified Online Ethereum Developer Course” diperuntukkan bagi programmer berpengalaman yang ingin belajar dasar-dasar blockchain berbasis Ethereum, seperti membuat smart contract dan DApp. Di program ini Anda dijamin mahir blockchain selama 12 minggu dengan durasi belajar 8-12 per minggu. Karena bersertifikat, maka Anda harus siap merogoh kocek sebesar 1450 Euro atau setara dengan 23,8 juta rupiah. Mau yang gratisan? Silahkan lihat ini saja.

 

Udemy

Kalau dari segi harga, belajar di Udemy relatif lebih murah berbanding di B9Lab. Di program “Blockchain & Cryptocurrency (Bitcoin, Ethereum) Essentials” misalnya cukup USD10,9 saja selama 9,5 jam. Tapi, ini topiknya lebih luas dan tak teknis sama sekali tentang Ripple, Litecoin, Bitcoin Trading, Mining, ICO, Altcoins, DAO, Investing dan lain-lain. Mau yang gratisan bikin aplikasi di Ethereum? Silahkan coba yang ini: “Ethereum For Beginners: Build A Hello World Blockchain App

 

Blockgeek

Kalau di Blockgeek sistemnya agak berbeda, karena ada sistem keanggotaan untuk bisa mengakses materi kursusnya. Kalau dihitung-hitung, ya biayanya murah dan sepadan dengan ilmunya. Program “ETH102: Intro to Building dApps” ini misalnya mengajarka Anda membuat aplikasi di Ethereum dengan menggunakan framework Truffle, ethers.io dan tool Ganache. Selain itu Anda diarahkan untuk mengenali galat (error) dan security issue yang mungkin muncul.

 

Edx

Kursus online di Edx bekerjasama dengan organisasi lain, seperti Universitas Barkeley, Linux Foundation. Program “Bitcoin and Cryptocurrencies” ini misalnya, materinya dikembangkan oleh Departemen Ilmu Komputer Universitas Barkeley. Dipaparkan secara menyeluruh dan mendalam, kursus ini juga menjangkau konsep-konsep fundamental di dunia kripto, dengan penekanan pada Bitcoin: cryptographic hash functions, Bitcoin Script, privacy, dan hash commitment schemes. Basis ideologis juga disampaikan perihal gerakan Cypherpunk dan pemikiran libertarian yang menjadi motif Bitcoin.

 

Website lainnya: Simplilearn, Class-Central, Coursera, Experfy, dan Cognitiveclass [vins]

Be the first to write a comment.

Your feedback