Inilah 5 Dompet Kripto yang Cocok untuk Anda.

Bagi Anda tipikal holder bukan trader, ada beragam pilihan dompet kripto di Android. Walaupun satu sama lain memiliki kelebihan dan kekurangan, Anda berhak memilih mana Anda rasa nyaman. Berikut daftar 5 dompet kripto terpopular untuk Android berdasarkan jumlah instalasi, kripto yang didukung, dan fitur keamanan, termasuk beberapa fungsi lain di dalamnya.

Coinbase
Coinbase termasuk penyedia dompet kripto terlama dan popular. Coinbase cocok bagi pemula, karena memungkinkan Anda membeli kripto dengan kartu kredit, kartu debit dan PayPal. Hingga saat ini hanya mendukung 4 kripto, jadi sepertinya tak berguna jika Anda ingin menyimpan kripto lain selain Bitcoin, Bitcoin Cash, Ether, dan Litecoin.

Coinbase masuk kategori custodial wallet. Artinya private key kripto Anda disimpan di sistemnya, walaupun metode keamanannya sudah berupa two factor authentication (2FA), multi signature dan cold storage. 2FA misalnya perlu dua kode keamanan setiap kali masuk ke dalam akun. Kemudian multi signature memungkinkan dua penandatangan digital lebih dari satu kali, sebelum kripto ditransaksikan.Sedangkan cold storage, kripto disimpan di dalam perangkat yang peranti lunaknya tidak secara langsung terkoneksi dengan internet setiap saat.

Tahun rilis 2013
Platform iOS, Android, web
Kripto yang Didukung BTC, BCH, ETH, LTC
Private key held by a third party
Keamanan Ekstra 2FA, multisig, cold storage
Internal Exchanges Diperkuat dengan ShapeShift
Dukungan Kartu Kredit Ya
Lokalisasi Tidak
Skor Cryptocompare.com 2,6
Jumlah instalasi > 5 juta

 

Blockchain.com
Blockchain.info sekarang berubah domain menjadi Blockchain.com adalah dompet kripto berbasis web termasyur, yang tersedia dalam 37 bahasa. Serupa dengan Coinbase, kripto yang didukung hanya Bitcoin, Bitcoin Cash dan Ether. Memiliki internal exchange, pengguna dapat membeli kripto melalui ShapeShift dengan kartu kredit. Dompet ini memang menyimpan private key, memiliki 2FA dan multi signature. Terintegrasi dengan blockchain explorer, Anda dapat memerika secara langsung setiap transaksi, baik berdasarkan hash transaction atau address tertentu.

 

Tahun rilis 2013
Platform iOS, Android, web
Kripto yang Didukung BTC, ETH, BCH
Private key held by a third party
Keamanan Ekstra 2FA, multisig
Internal Exchanges enabled by ShapeShift
Dukungan Kartu Kredit Ya
Lokalisasi Arab, Mandarin, Kroasia, Belanda, Inggris, Indonesia dan lain-lain.
Skor Cryptocompare.com 3,6
Jumlah instalasi > 1 juta

 

Freewallet
Tidak seperti aplikasi lain, Freewallet adalah produk andalan dari Freewallet.org yang mengedepankan konsep multi asset. Di Freewallet Anda dapat menyimpan kripto hingga 25 jenis coin dan sejumlah besar token berbasis ERC-20.

Juga sebagai dompet kustodian, Freewallet menyimpan private key pengguna, tetapi menyediakan fitur keamanan tambahan yang mencakup 2FA, multi signature, konfirmasi transaksi melalui email, dan kendali batas transaksi. Freewallet juga mendukung cold storage, sehingga dana Anda lebih aman. Tersedia dalam 13 bahasa dan digunakan di seluruh dunia, Freewallet terintegrasi dengan Changelly pembelian kripto dan fiat. Ada juga Bitrefill, tetapi hanya digunakan pada wallet versi web. Soal dukungan layanan pelanggan terbukti sangat lekas, baik melalui e-mail atau media sosial.

Tahun rilis 2016
Platform iOS, Android, dan web
Kripto yang Didukung BTC, ETH, BCH, LTC, XMR, ARDR, BCN, BNT, BTG, DASH, DCT, DOGE, EOS, FCN, GUP, IGNIS, LSK, NEO, NXT, PTOY, USDT, XDN, XEM, XMO, ZEC
Private key Disimpan oleh pihak ketiga
Keamanan Ekstra 2FA, multi signature, cold storage, konfirmasi transaksi melalui e-mail, batasan transaksi
Internal Exchanges Yes
Dukungan Kartu Kredit Yes
Lokalisasi Yes
Skor Cryptocompare.com 3
Jumlah instalasi > 1 juta

 

Coinomi
Coinomi memiliki pendukung yang tak kalah besarnya. Mendukung banyak kripto dan terintegrasi dengan ShapeShift dan Changelly, Anda dapat langsung membeli kripto di dalam aplikasi menggunakan kartu kredit. Karena Coinomi memudahkan pengguna berperanserta dalam proyek Initial Coin Offering (ICO), maka ada banyak kripto yang mungkin tak pernah Anda pakai sebelumnya. Dompet ini tidak memiliki fitur keamanan tambahan, karena private key memungkinkan disimpan dan dikontrol secara langsung oleh pengguna.  Coinomi tersedia dalam 25 bahasa dan memiliki basis pengguna yang berkembang pesat.

Tahun rilis 2014
Platform iOS, Android
Kripto yang Didukung 154 koin and token termasuk BTC, ETH, dan BCH
Private key Dipegang oleh pengguna
Keamanan Ekstra Tidak tersedia
Internal Exchanges Terintegrasi dengan ShapeShift dan Changelly
Dukungan Kartu Kredit Tidak
Bahasa Inggris, Rusia, Mandarin dan 25 bahasa lainnya.
Skor Cryptocompare.com 3,6
Jumlah instalasi > 500 ribu

 

Jaxx
Jaxx dibuat pada tahun 2014 oleh pendiri rekan (co-founder) Ethereum, Anthoni Diiorio. Sejak awal Jaxx memang dirancang dapat berjalan di iOS, Android, sebagai ekstensi Chrome dan versi desktop untuk OS X, Windows dan Linux. Jaxx bisa menyimpan banyak kripto, seperti Bitcoin dan Ether. Shapeshift juga ada di dalam Jaxx, tetapi tidak memungkinkan pembelian dengan uang fiat.

Tahun rilis 2014
Platform iOS, Android, Chrome (ekstensi), OS X, Windows, dan Linux
Kripto yang Didukung 69 koin and token, termasuk BTC, ETH, dan BCH
Private key Dikontrol oleh pengguna
Keamanan Ekstra Tidak
Internal Exchanges Menggunakan ShapeShift
Dukungan Kartu Kredit Tidak
Bahasa Tidak
Skor Cryptocompare.com 3
Jumlah instalasi > 500 ribu

 

 

Be the first to write a comment.

Your feedback