Inilah Cara Menghindari Trojan CryptoShuffle.

Sebuah perusahaan cybersecurity yang berbasis di Rusia yaitu Kaspersky Labs telah memperingatkan para pemilik dan pengguna cryptocurrency bahwa koin-koin mereka belum/tidak aman bahkan jika koinnya sudah disimpan di dompet pribadinya. Sebuah trojan baru yang bernama CryptoShuffler dapat mencuri koin secara langsung dari para pengguna dengan mengganti alamat dompet pada clipboard pengguna saat mereka menyalin dan menempelkan data dompet pada saat akan melakukan transfer. Tidak ada satupun dompet yang aman dari trojan ini, trojan tersebut menggunakan fungsi clipboard pada komputer.

“… penjahat dunia maya telah berhasil mencuri 23 Bitcoin, yang setara dengan kira-kira $ 140.000 (sampai akhir Oktober tahun ini). Tidak hanya itu, uang sebanyak ribuan dolar dari cryptocurrency lainnya seperti Litecoin, Dash, Monero, Ethereum, Zcash dan Dogecoin, juga telah terakumulasi.”

Cara Melindungi Diri

Cara paling dasar untuk melindungi diri sendiri dari trojan tersebut adalah dengan cermat dalam melihat dan memeriksa alamat yang telah Anda masukkan setelah menyalin alamat tersebut. Lakukan dengan teliti dan selalu memeriksa alamat dompet untuk setiap transaksi yang akan Anda buat, Anda harus menjaga dana Anda agar tetap aman. Jangan menyepelkan hal ini dan kemudian menyesal.

Kaspersky memperingatkan para pengguna cryptocurrency untuk melakukan tindakan pencegahan secara khusus.

Para pengguna ini disarankan untuk memanfaatkan sistem antivirus dan anti-malware untuk mendeteksi dan menghapus program jahat yang masuk ke dalam sistem komputer Anda. Seiring berkembangnya dunia crypto di seluruh dunia, risiko ini akan terus meningkat, dan para pengguna/pemiliknya harus selalu waspada untuk melindungi dana mereka dari para penjahat dunia maya.

Be the first to write a comment.

Your feedback