Investasi Emas, Dollar dan Bitcoin Mana yang Lebih Menguntungkan?

 

dollar-gold-bitcoin

Saat ini berinvestasi memang menjadi salah satu andalan seseorang untuk bisa menyongsong masa depan yang lebih cerah. Dengan berinvestasi, seseorang memang bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat dimasa depan. Namun yang harus diingat berinvestasi tak selamanya menguntungkan, karena jika Anda tak teliti dan tak cermat dalam memilih atau menjalankannya, maka Anda bisa saja mengalami kerugian. Saat ini jenis investasi sendiri sangat banyak untuk Anda pilih. Beberapa bentuk investasi yang juga marak dilakukan orang sekarang adalah investasi emas, dollar dan bitcoin. Lalu manakah diantara ketiga jenis investasi ini yang paling menguntungkan? Tentu saja hal ini sangat sulit dijawab, karena ketiga jenis investasi ini memiliki plus-minus atau kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Plus Minus Investasi Emas

Emas merupakan logam mulia yang telah menjadi bentuk investasi tertua yang pernah dilakukan manusia di dunia. Investasi logam mulia yang digemari kaum hawa ini memang sudah dijalankan oleh para leluhur kita sejak dulu hingga sampai saat ini lakukan juga oleh anak dan cucunya. Namun meskipun sudah menjadi bentuk investasi yang lama dijalankan, nyatanya tidak banyak orang yang lantas memilih menggeluti investasi ini. Adanya persepsi bahwa emas hanyalah sekadar perhiasan dan sulit mendapatkan keuntungan investasi emas dalam jangka waktu pendek menjadi alasan mengapa kemudian orang memilih investasi lainnya.

Seperti layaknya investasi pada bidang lainnya, investasi emas memang akan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun, ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa investasi emas ini memiliki mempunyai risiko lebih kecil dibandingkan jenis investasi lainnya.

Nilai Plus Investasi Emas :

  1. Emas bisa diubah bentuk tanpa memengaruhi nilainya

Keuntungan atau nilai plus dari investasi emas adalah emas yang bisa diubah bentuknya tanpa mempengaruhi nilainya. Jadi emas yang Anda miliki dan kemudian diubah dalam bentuk perhiasan seperti kalung, gelang, anting dan cincin tidak akan berubah nilainya. Jadi bagi Anda para wanita yang berinvestasi emas tentu akan lebih menyenangkan karena Anda juga bisa tampil dengan lebih gaya dan menarik.

  1. Lebih mudah dicairkan

Jika Anda disuatu hari tiba-tiba membutuhkan uang besar dan cepat, maka dengan emas, Anda akan lebih mudah mencairkannya. Maka inilah keuntungan berinvestasi emas yang bisa membuat Anda mampu untuk menjualnya atau menggadaikannya secara cepat dan mudah.

  1. Nilai tukarnya sama di seluruh dunia

Jika Anda berinvestasi properti atau dollar, maka harga properti atau dollar Anda akan fluktuatif tergantung dari lokasi properti atau dollar dimana Anda berada. Namun jika Anda berinvestasi emas, maka harga emas Anda akan sama dimanapun lokasi Anda berada.

  1. Investasi emas bisa dilakukan oleh investor yang masih belum berpengalaman

Bila Anda tidak berpengalaman dalam investasi emas, Anda tak perlu khawatir, karena invetasi logam mulia ini lebih mudah dan aman untuk dijalankan ketimbang investasi lainnya.

  1. Nilai emas selalu naik dan cukup kuat terhadap krisis dan kebal terhadap inflasi

Meski sesekali turun, dengan tingkat yang tidak begitu drastis, emas lebih banyak memiliki grafik kenaikannya. Nilai emas juga bahkan cenderung stabil dibandingkan uang yang Anda simpan di bank yang rentan terhadap devaluasi.

  1. Emas tidak dikenakan pajak

Berbeda dengan tanah dan properti yang dikenai pajak, emas tidak dikenai pajak. Dengan keadaan ini tentu saja Anda akan lebih diuntungkan dan berinvestasi.

Nilai Minus Investasi Emas :

  1. Emas perlu tempat penyimpanan dan terkadang rentan hilang, serta dicuri

Dengan wujud fisiknya, emas memang membutuhkan sebuah tempat penyimapanan. Dan karena mudah dibawa kemana-mana, emas juga rentan hilang dan juga dicuri. Maka berhati-hatilah saat Anda menyimpan atau berinvestasi emas.

  1. Adanya keberadaan emas palsu

Saat mulai berinvestasi, maka Anda harus membeli emas terlebih dahulu. Dan saat membeli inilah, Anda harus ekstra waspada karena saat ini banyak emas palsu yang beredar. Maka disarankan Anda  untuk membeli emas di tempat-tempat yang terpercaya guna menghindari mendapatkan emas palsu.

  1. Emas sama sekali tidak cocok untuk investor yang ingin berinvestasi dalam waktu singkat

Bagi Anda yang menginginkan hasil yang cepat, tentu saja investasi emas bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan investasi emas ini tergolong jenis investasi jangka panjang dimana sang investornya mau tak mau harus menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa menikmati hasilnya.

  1. Investasi emas harus dalam jumlah yang besar untuk menghasilkan keuntungan yang juga besar

Bila Anda menginginkan investasi yang bisa menghasilkan keuntungan besar yang berlipat-lipat, maka Anda mau tak mau harus membuat invetasi emas dalam jumlah yang besar pula. Anda tak bisa mendapatkan hasil besar tanpa modal yang besar pula dalam investasi logma mulia ini.

Grafik Harga Emas dalam Setahun (IDR)

grafik emas Juli 2014 - Mei 2015

 

Plus Minus Investasi Dollar

Dollar yang merupakan salah satu mata uang asing yang paling tinggi nilainya memang sealu menarik orang untuk berinvestasi. Namun sebelum beanr-benar melakukan investasi dalam bentuk dollar, alangkah baiknya Anda mengamati dulu plus-minus dari investasi dollar berikut ini.

Nilai Plus Investasi Dollar :

Dengan berinvestasi pada valuta asing bernama dollar ini Anda akan diuntungkan karena Anda tidak akan terkena devaluasi (menurunnya nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang luar negeri). Jadi nominal mata uang dollar yang Anda miliki ini akan tetap seperti ketika Anda membelinya pertama kali. Semisal Anda memiliki 1 dolar AS maka akan tetap 1 dolar AS sampai kapan pun. Namun jika Anda berinvestasi pada uang rupiah maka Anda akan terkena devaluasi karena pengaruh mata uang yang lebih kuat atau dominan seperti dolar AS. Maka bila Anda memiliki impian atau cita-cita seperti ingin sekolah lagi di luar negeri atau ingin liburan di luar negeri, maka berinvestasi dalam wujud uang negara yang akan dituju akan lebih baik dan menjadi langkah yang bijak.

Selain tidak mengalami devaluasi, investasi pada dollar ini juga akan membuat Anda mendapatkan keuntungan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh pergerakan pergerakan nilai atau harga dollar yang memang cenderung menguat dari tahun ke tahunnya.

Nilai Minus Investasi Dollar :

Namun ada hal yang perlu Anda waspadai dalam investasi dollar ini yaitu rentannya mata uang asing ini terhadap inflasi. Inflasi sendiri adalah proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Inflasi yang berdampak pada mata uang asing ini memang sangat bisa terjadi karena perbandingannya adalah daya beli terhadap barang yang ada di negara tersebut.

Selain rentan pada gejolak inflasi, investasi pada mata uang dollar ini juga memiliki nilai minus lain yaitu kemungkinan nilainya yang akan berkurang jika uang kertas ini lusuh atau terlipat.

Grafik Harga Dollar dalam Setahun

graphic chart USD 1 tahun

Plus Minus Investasi Bitcoin

Seiring dengan semakin maju dan modernnya zaman, kini muncul investasi baru bernama bitcoin. Investasi ini memang bisa dibilang modern karena menggunakan sistem komputerisasi dan jaringan internet dalam wujud uang virtual.

Nilai Plus Investasi Bitcoin :

Investasi bitcoin ini memiliki kelebihan atau nilai plus dari kemudahan menjalankannya. Investasi bitcoin memang terbilang mudah karena bisa dilakukan secara jarak jauh (online) dari manapun investor berada. Hanya dengan menyalakan komputer atau smartphone dan jaringan internet, maka Anda pun sudah siap menjalankan investasi ini. Nilai investasi ini pun mudah disimpan dalam sebuah harddisk perangkat yang digunakan.

Nilai Minus Investasi Bitcoin :

Meskipun canggih, investasi bitcoin ini juga mempunyai kekurangan yaitu kemungkinan file investasi yang di-hack atau diretas oleh orang lain. Ya, karena investasi ini bersifat online, maka kemungkinan seperti ini pastinya akan selalu ada. Selain itu, nilai bitcoin yang fluktuatif (naik-turun) ini juga menjadi kekurangan investasi berwujud uang virtual tersebut.

Grafik Harga Bitcoin Bulan Oktober-Desember 2015 (IDR)Screenshot_17

Jadi pilihlah investasi dengan bijak , dan hanya berinvestasi dengan uang yang anda sanggup cover apabila terjadi kerugian

Be the first to write a comment.

Your feedback