Joseph Lubin: Ethereum Sebagai Investasi Jangka Panjang

Co-founder Ethereum, Joseph Lubin, menolak persepsi yang menyatakan bahwa mata uang kripto telah mengalami bubble harga (kenaikan tidak wajar). Menurutnya, Ethereum akan menjadi media investasi jangka panjang yang baik.

Saat diwawancara oleh Bloomberg soal fluktuasi harga yang tidak menentu, Lubin menolak anggapan bahwa koreksi harga menjadi penanda bahwa bubble mata uang kripto telah pecah. Sebab, dalam dunia investasi, penurunan harga tidak dapat dihindari. Bahkan, saat terjadi diskon harga pasar, di saat itulah kesempatan para pengguna baru untuk masuk ke dalam sistem dengan melakukan pembelian mata uang kripto.

Saat ini Ethereum masih terus dikembangkan untuk memecahkan persoalan-persoalan jangka pendek. Ia percaya, dalam 2 tahun ke depan, sistem Ethereum akan menjadi lebih stabil dan mampu menangani lebih banyak transaksi lagi dalam jaringannya. Selain itu, regulasi yang baik akan membantu Ethereum untuk berkembang ke arah yang lebih baik, sehat, dan berkredibilitas tinggi di mata penggunanya.

Lubin menyampaikan bahwa saat ini Ethereum juga mengalami masalah skalabilitas serupa seperti yang dialami Bitcoin. Ethereum masih belum mampu menyaingi sistem-sistem konvensional seperti Visa ataupun Mastercard yang mampu mengkonfirmasi puluhan ribu transaksi per detik, sementara Ethereum hanya sanggup menangani belasan transaksi per detik. Hanya saja, inovasi teknologi dipercaya mampu meningkatkan kemampuan mata uang kripto seperti Ethereum dan Bitcoin untuk mendapatkan skalabilitas yang lebih baik di masa mendatang.

Ethereum memang dianggap lebih menjanjikan dibandingkan mata uang kripto lain seperti Bitcoin karena potensi penggunaannya yang jauh mengungguli rival-rivalnya. Teknologi smart contract yang disematkan dalam Ethereum membuat para pengguna berbondong-bondong mengembangkan perangkat lunak decentralized application (dApp) yang tidak memerlukan server terpusat dalam menjalankan proses bisnisnya. Salah satu dApp paling populer yang berjalan dalam platform Ethereum adalah Cryptokitties, permainan kucing virtual yang dapat diperjual-belikan bahkan dikembangbiakkan untuk mendapatkan anak-anak kucing yang bervariasi.

Kesuksesan Cryptokitties menjadi gambaran bagaimana dApp akan menjadi ujung tombak Ethereum dalam persaingan di dunia mata uang kripto. Tidak heran, berbagai konsep yang telah terlebih dahulu diterapkan dalam skema client-server akan dipindahkan ke dalam bentuk dApp yang lebih terpercaya, adil, dan aman.

Sumber gambar: investinblockchain.com

Be the first to write a comment.

Your feedback