Justin Sun: Tron (TRX) Testnet Diluncurkan

Tanggal 30 Maret 2018 lalu, CEO Tron (TRX) Justin Sun mengumumkan bahwa mereka telah berhasil meluncurkan sistem test Tron (testnet). Hal ini diumumkannya melalui Twitter, di mana ia memiliki setidaknya 400 ribu follower. Tron merupakan merupakan sistem mata uang kripto yang berbasis di Beijing, China.

Segmen pasar Tron adalah industri hiburan. Melalui sistem yang ditawarkan oleh Tron, para penyedia konten dapat langsung berhubungan dengan konsumen tanpa ada pihak perantara. Sistem Tron juga memungkinkan perlindungan privasi konsumen atas layanan yang dinikmati.

Tron mengadakan ICO (Initial Coin Offering) pada tahun 2017, dan saat itu berhasil mengantongi dana sebesar US$70juta. Nilai pasar Tron saat ini berada pada kisaran US$2,4miliar. Saat ini Tron masih “menumpang” sebagai salah satu token ERC20 di platform Ethereum sebagai TRONix. Meskipun sempat dilanda persoalan plagiarisme pada whitepapernya (menyalin tanpa hak dari whitepaper sistem lain seperti IPFS atau Filecoin), Tron tampak memiliki masa depan yang menjanjikan.

Testnet merupakan satu langkah maju sebelum mainnet atau sistem yang sesungguhnya tersedia bagi publik.

Dalam 3 bulan berikutnya, fokus Tron adalah untuk memindahkan akun penggunanya dari TRONix ke dalam sistem utama Tron. Saat ini disinyalir setidaknya 100 juta pengguna yang ada dalam smart contract TRONix dalam sistem Ethereum. Sistem mainnet Tron ditargetkan untuk diluncurkan pada bulan Juni tahun ini.

Tron ditargetkan untuk menjadi platform dApp dengan jumlah pengguna terbesar. Tron diklaim memiliki kapasitas besar, sehingga dapat menampung banyak aplikasi berbasis blockchain di dalam sistem mereka.

Selain itu, Tron juga memiliki ambisi besar yakni mengalahkan duo raksasa mata uang kripto, Bitcoin dan Ethereum. Cara yang akan ditempuh adalah memperluas jangkauan sistem dengan tidak hanya menyediakan sebuah metode transaksi uang layaknya Bitcoin ataupun aplikasi terdesentralisasi seperti Ethereum, melainkan juga bagaimana teknologi web dapat terdesentralisasi dengan sempurna. Bahkan Justin Sun akan mencoba untuk membujuk semua platform dApp yang ada di Ethereum untuk bermigrasi ke Tron.

Justin Sun menambahkan beberapa keunggulan Tron dibandingkan Ethereum, di antaranya:

  • Kecepatan transaksi Tron 10.000 transaksi berbanding 25 transaksi pada Ethereum.
  • Transaksi Tron tanpa biaya berbanding US$0.02 per transaksi Ethereum.
  • Tron akan mendukung dan memberikan dorongan bagi komunitasnya.

Terdapat sedikit kekhawatiran dari para investor karena pihak Tron memegang token dalam jumlah yang cukup signifikan yakni 34 miliar token, yang saat ini bernilai pasar US$1,2miliar. Namun Tron merencanakan untuk membakar sebagian token mereka secara rutin, agar desentralisasi dapat terjadi dan nilai per token dapat bertambah. Platform Tron akan memungkinkan para pengguna untuk membuat token mereka sendiri dengan biaya 1024 TRX. Token TRX yang dibayarkan sebagai biaya pembuatan token baru ini akan dibakar, sehingga mengurangi suplai token Tron secara signifikan.

Seluruh token Tron akan diciptakan melalui pre-mine, oleh karena itu akan ada metode insentif khusus yang disiapkan agar sistem dapat berjalan dengan baik. Salah satunya adalah dengan menempatkan cadangan dana untuk membayar node-node yang dipilih secara konsensus, di mana node-node yang terpilih akan menjalankan protokol Tron.

Be the first to write a comment.

Your feedback