Kota Seoul Korea Selatan Rencanakan Terbitkan Mata Uang Kripto

Kota Seoul di Korea Selatan tampaknya berambisi untuk menjadi kota besar pertama yang mengadopsi teknologi mata uang kripto dan membuat sebuah mata uang kripto versi mereka sendiri. Mata uang kripto yang sedang digodok tersebut kemungkinan akan dinamai S-coin, demikian menurut Park Won-soon, walikota Seoul.

Menurutnya, mata uang kripto S-coin akan bermanfaat untuk membayar aktivitas sosial dan kontraktor swasta dalam proyek-proyek yang dikerjakan oleh pemerintah kota Seoul. Walikota Seoul juga menyampaikan ambisi Seoul untuk menjadi yang terdepan di era revolusi industri keempat yang saat ini sedang terjadi dan mengubah ekonomi dunia. Oleh karena itu, menjadi sebuah keharusan bagi kota tersebut untuk mempelajari segala potensi teknologi baru, termasuk mata uang kripto yang saat ini sedang mewabah di seluruh dunia.

Walikota Seoul mengharapkan S-coin akan dapat digunakan untuk membiayai aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelatihan bagi angkatan muda pencari kerja, pelestarian lingkungan hidup, dan konstruksi kota. Park Won-soon yang akan ikut dalam pemilu untuk mempertahankan jabatannya sebagai walikota di bulan Juni ini menyatakan sedang menggodok regulasi terkait yang diharapkan dapat selesai pada bulan April tahun ini. Proyek S-coin kemungkinan akan didahului dengan pengumpulan dana awal seperti Initial Coin Offering (ICO) demi membiayai pengembangan S-coin.

Meskipun rencana ini termasuk yang terbesar dalam adopsi teknologi mata uang kripto, namun pada kenyataannya Seoul tidak akan menjadi kota pertama di dunia yang memanfaatkan mata uang kripto besutan pemerintah. Tercatat Venezuela sebagai negara pertama yang menciptakan sendiri mata uang kripto mereka, Petro, yang dibackup dengan cadangan minyak bumi. Sementara itu kota Hull di Inggris telah membuat HullCoin untuk meningkatkan kesejahteraan kota tersebut sekaligus menggerakkan ekonomi lokal.

Pulau Marshall di Pasifik juga telah membuat regulasi untuk mengesahkan proyek mata uang digital dalam usaha mengurangi ketergantungan dengan dolar AS.

Be the first to write a comment.

Your feedback