Mau Datangkan Pembeli Toko Online? Berikut Cara dan Langkah-langkahnya

Beautiful young woman shopping over internet.

 

Toko online memang telah menjadi fenomena model bisnis baru saat ini. Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang mau tak mau akhirnya menjadikan bisnis berbasis jaringan internet ini tumbuh subur dan menjamur. Namun meskipun terlihat menyenangkan, usaha ini juga sama dengan bisnis lainnya yang memiliki dua kemungkinan sukses atau gagal. Sebagai pemilik toko online tentu Anda ingin usaha Anda ini lancar dan suskes mencapai penjualan yang menguntungkan.

Tapi bagaimana caranya untuk bisa suskes mencapai penjualan yang menguntungkan tersebut?

Tentunya Anda membutuhkan pembeli yang banyak agar tujuan dan target tersebut tercapai. Untuk mendatangkan pembeli ini Anda harus melakukan dua hal utama yaitu mendatangkan banyak pengunjung ke toko online dengan meningkatkan trafik dan juga mengubah sebanyak mungkin pengunjung yang datang agar mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

A. Tingkatkan Trafik dan Dapatkan Banyak Pengunjung

Pata tahap pertama untuk mendatangkan pembeli ini Anda memang harus meningkatkan trafik toko online Anda agar didatangi banyak pengunjung. Agar ramai didatangi pengunjung ini Anda bisa melakukan beberapa strategi menarik netizen. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk itu :

  1. Memasang Iklan

Cara atau strategi pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa menarik pengunjung ke toko online Anda adalah dengan memasang iklan. Jenis iklan dalam dunia online sendiri ada beragam macamnya. Namun diantara banyak iklan itu ada dua rekomendasi bagus yaitu google adword yang akan tampilkan pada beberapa website atau blog serta Facebook ads yang akan tampil pada halaman Facebook. Dalam iklan online ini Anda harus membuatnya semenarik mungkin  agar pengunjung tertarik mengunjugi toko online kita. Promosi melalui iklan ini memang terbukti lebih cepat menarik pengunjung, karena iklan Anda yang bisa langsung ditampilkan saat itu juga. Namun yang harus Anda ingat bahwa dalam iklan ini Anda harus mengeluarkan sejumlah uang yang bisa jadi jumlahnya besar.

  1. Melakukan Optimasi (SEO)

Strategi efektif lain yang bisa Anda jalankan untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung ke toko online Anda adalah dengan menggunakan optimasi SEO (Search Engine Optimization). SEO sendiri adalah sebuah teknik untuk mengoptimasi website toko online kita agar mudah ditemukan netizen pada sebuah mesin pencari. Ketika website kita di optimasi dengan SEO, maka saat netizen mengetik kata kunci mereka di mesin pencari, mereka akan melihat toko online kita pada posisi yang strategis di halaman pertama. Anda bisa melakukan optimasi SEO ini sendiri secara gratis jika Anda memiliki ilmu dan kemampuan. Namun jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menyewa jasa seo profesional untuk melakukan optimasi pada web toko online anda yang tentunya dengan mengeluarkan sejumlah dana atau uang.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Jika Anda tak ingin mengeluarkan dana atau uang untuk bisa mendatangkan pengunjung toko online, Anda bisa melakukan cara ketiga ini yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Banyak sekali media social yang bisa kita manfaatkan mulai facebook, twitter, instagram, Path dan lainnya. Dengan tren media sosial yang masih digemari masyarakat, maka promosi langsung di media sosial bisa jadi masih memiliki peluang besar untuk mendatangkan calon konsumen ke toko online kita. Dalam media sosial ini Anda juga dapat bergabung dengan grup jual beli di facebook dan mencoba memposting produk yang anda jual ditoko online anda.

B. Merubah Pengunjung Menjadi Pembeli

Setelah mendapatkan pengunjung yang banyak, maka tugas Anda berikutnya dalam rangka mendatangkan pembeli adalah merubah atau mengkonversi pengunjung yang ada tadi menjadi pembeli. Bagimana caranya? Berikut ulasannya.

  1. Buat Pengunjung Betah Berada di Toko Online Anda

Keberadaan toko online Anda memang sedikit banyak akan mempengaruhi tingkat koversi yang dihasilkan. Semakin nyaman dan betah pengunjung berada di website toko online Anda, maka semakin besar pula kesempatan Anda meraih pembeli. Maka dari itu buatlah tampilan atau desain toko online Anda se-profesional dan sebaik mungkin. Tapi ingat tampilan website yang profesional dan baik bukanlah desain yang ramai dan penuh dengan widget. Jika Anda memang merasa tidak mampu membuat tampilan website yang baik, Anda tak boleh ragu untuk menyewa jasa desain website yang ahli dan profesional dibidangnya. Anggap saja uang untuk jasa ini adalah investasi bagi toko online Anda di masa mendatang.

  1. Tingkatkan Nilai dan Kepercayaan dari Calon Pembeli

Bisnis online ditanah air yang masih belum sepopuler di Amerika dan di China, membuat Anda harus mampu meraih kepercayaan pengunjung atau calon konsumen Anda. Persaingan yang sudah ketat antar toko online juga harus Anda atasi dengan meningkatkan nilai toko online Anda. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

  • Memberikan garansi 100% uang kembali dengan syarat tertentu
  • Tampilkan testimoni atau pernyataan dari pelanggan-pelanggan sebelumnya
  • Berikan alamat toko anda yang rill di dunia nyata
  • Cantumkan Pin BB atau nomor telepon aktif
  • Menghubungkan dengan akun media sosial
  • Pasang bukti shipping yang bisa dikonfirmasikan
  • Bangun relasi dengan calon pembeli
  • Buat sistem COD (Cash On Delivery)
  • Gratiskan ongkos kirim

Be the first to write a comment.

Your feedback