Membuat DNS di Blockchain NEM

Domain Name Service (DNS) adalah format nama domain sebuah website yang mewakili alamat Internet Protokol (IP), yang berupa angka, menjadi format alfanumerik. Domain Google.com, misalnya menggunakan salah satu alamat IP: 172.217.194.101. Dengan deret nomor seperti ini dikenali oleh komputer server, tetapi sulit diingat oleh manusia. Jadi DNS mempermudah mengakses sebuah website. Nah, di Blockchain NEM memungkinkan membuat DNS serupa, tetapi sifatnya desentralistik, yang bisa menyimpan informasi tertentu atau me-redirect ke website tertentu.

Namespace dibuat di NanoWallet besutan NEM sebagai platform, yang menghubungkan pengguna dengan blockchain NEM. Selain DNS, namespace juga bermanfaat sebagai wadah layanan Mosaic untuk membuat token atau aset digital.

Unduh NanoWallet dari sini dan ikuti tutorial ini untuk membuat sebuah akun di NanoWallet. Pastikan Anda menyalin address NEM dan private key wallet Anda dan mengirimkan sejumlah xem testnet ke wallet Anda tersebut dari faucet ini.

  1. Di NanoWallet Anda, klik menu Services dan pilih tautan Create namespace dari bagian Namespaces & Subdomains.
  2. Pada laman baru yang terbuka, ketikkan sebutan Namespace yang Anda inginkan. Dalam hal ini yang ketikkan: seputarkripto. Ketikkan password dan klik tombol Register.
  3. Tunggulah hingga transaksi terkonfirmasi dengan melihatnya dari laman Dashboard. Klik menu Dashboard.
  4. Buka di tab baru website http://nem-dns.netlify.com dan gulung layar ke bawah ke bagian Find pointer address. Klik tautan tool, hingga muncul kotak dialog. Ketikkan namespace dan klik OK, hingga muncul pointer address (PA) yang terkait dengan namespace Anda. Dalam hal ini namespace seputarkripto berelasi dengan pointer address: TCSAM4CIDWKVV7B7DM2WLXUS6H7NEBRU2GE5WTHY.
  5. Status namespace seputarkripto saat ini sudah tersimpan di blockchain NEM dan siap di-update Misalnya bisa diarahkan (redirect) ke website lain, misalnya Google.com atau yang lain. Untuk itu saya menggunakan format JSON berikut: {“dns”:”yes”,”ip1″:”google.com”, “organization”:”Alphabet”, “country”:”United States”, “address”:”N/A”, “phone”:”N/A”, “email”:”[email protected]”}.
  6. Sekarang beralih ke dompet NEM Anda dan klik menu Send. Masukkan PA ke bagian to dan masukkan skrip JSON tersebut di bagian message. Untuk Amount masukkan angka 1. Masukkan password dan klik tombol Send. Lihat di Dashboard hingga transaksi terkonfirmasi.
  7. Sekarang kembali ke websitye nem-dns.netlify.com, ketikkan seputarkripto.nem dan klik tombol Get Info. Seketika terbuka isi file JSON yang telah di-update Ketikkan kembali seputarkripto.nem dan klik tombol GO. Seketika laman diarahkan ke Google.com sesuai dengan isi skrip JSON. 
  8. Pada langkah ke-7 DNS dibuka melalui skrip yang ada pada website tersebut. Browser tidak mengenali format DNS tersebut jika Anda membuka di langsung di browser. Jika ingin berjalan secara otomatis, maka Anda harus menginstal ekstensi DNS NEM di Chrome. Buka website ini dan unduh semua isinya dengan mengklik Download Zip dari tombol Clone or Download. Esktraklah file tersebut hingga Anda menemukan folder chrome extension.
  9. Di tab baru di Chrome, ketikkan chrome://extensions, ubah menjadi mode pengembang. Drag-drop folder chrome extension ke laman tersebut, hingga muncul icon NEM di samping address bar.
  10. Sekarang di tab baru Chrome, Anda bisa langsung mengetikkan DNS-nya. Sebelum masuk ke website tujuan, terlebih dahulu masuk ke website nem-dns.netlify.com.
  11. Jikalau Anda ingin mengubah isinya, misalnya nama website yang di-redirect, maka cukup lakukan langkah ke-5 dan ke-6.

Fitur DNS NEM ini memang masih dalam tahap pengembangan dan kelak dapat di-update untuk kebutuhan lainnya. Tetapi cukup membuktikan bahasa DNS dapat dibangun di dalam blockchain. (vins)

 

Be the first to write a comment.

Your feedback