Membuat Multisignature Account di Blockchain NEM

Multisignature Account (MSA) adalah akun sebuah dompet kripto yang memerlukan otorisasi ganda dari pengguna dompet dari akun yang berbeda, sebelum transaksi dapat dilakukan. Misalnya Jokowi dan Bowo masing-masing memiliki dua dompet yang berbeda. Sebuah dompet lain dapat digunakan oleh mereka berdua untuk menggunakan dana pada wallet ini (MSA). Tetapi, semua transaksi tidak dilakukan secara langsung dari MSA, tetapi dari masing-masing dompet Jokowi dan Bowo. Dengan menggunakan NanoWallet NEM, Anda dapat dengan mudah membuat MSA tanpa coding sama sekali. Cukup klik sana-sini. Dan selesai!

Membuat Akun di NanoWallet

  1. Unduh NanoWallet (file zip) dari sini. Kemudian ekstrak file tersebut dan jalankan file Start.html di peramban Firefox atau Chrome. Jangan dibuka di Microsoft Edge.
  2. Pada laman pertama, klik Sign Up dari menu atas dan klik tombol Simple Wallet pada laman berikutnya dan klik tombol Ready. 
  3. Pada laman yang baru pilih Testnet sebagai jaringan blockchain NEM, lalu klik tombol Next. Testnet bermanfaat sebagai langkah ujicoba, karena Anda hanya menggunakan koin XEM versi demo alias tidak memiliki nilai.
  4. Sekarang masukkan nama wallet yang dikehendaki. Supaya mempermudah mengikuti tutorial ini masukkan saja: MSA, lalu klik tombol Next.
  5. Pada langkah berikutnya Anda diminta memasukkan password, lalu klik tombol Next.
  6. Pada laman selanjutnya klik tombol Start.
  7. Berikutnya adalah proses pembuatan Private Key wallet Cukup gerakkan kursor mouse Anda hingga bar hijau selesai 100 persen. Klik tombol Next dan Understood di dua laman selanjutnya.
  8. Kemudian Anda diminta mencadangkan wallet, kliklah tombol Download wallet dalam bentuk file .wlt. Simpan baik-baik file tersebut. Kliklah tombol I have my wallet.
  9. Walaupun Anda telah memilki file .wlt, sangat disarankan menyimpan private key-nya secara terpisah. Untuk itu klik Show Private Key dan salinlah. Kemudian klik tombol di bawahnya dan Agree.
  10. Wallet menunjukkan address NEM baru Anda. Salinlah dan klik tombol Login.
  11. Pada laman berikutnya pilihlah wallet baru itu, yakni MSA, masukkan password dan klik tombol Sign In.
  12. Dengan langkah yang sama buatlah tiga wallet lagi dengan nama masing-masing, Joko, Bowo, Mega dan Merchant (sebagai pihak penjual)Bukalah ketiga wallet itu tab yang berbeda di peramban. Jadi sekarang ada 4 tab wallet yang terbuka, yakni MSA, Joko, Bowo dan Mega.
  13. Kirimlah XEM TestNet dari Faucet ini ke masing-masing akun tersebut, termasuk MSA. Karena Faucet ini mengenali satu alamat IP akses internet yang Anda gunakan, maka Anda hanya dapat meminta XEM hanya satu kali dalam rentang waktu tertentu per alamat IP. Triknya adalah menggunakan VPS, seolah-olah Anda mengakses dari IP address yang berbeda dari negara yang berbeda pula. Dalam hal ini kami menggunakan Nord VPN yang berbayar. Jikalau sulit, cukup kirim xem dari faucet ke MSA dan kirim 10 xem ke akun Joko, Bowo dan Mega.

Membuat Cosignatory

Kita akan menggunakan akun MSA agar dapat diakses oleh akun Joko, Bowo dan Mega. Anggaplah MSA itu sebagai rekening bersama. Misalnya Joko ingin mengirimkan 10 XEM kepada Merchant dari wallet MSA tersebut melalui wallet-nya. Agar transaksi itu dapat dilakukan, maka kita dapat mengatur harus disetujui oleh dua orang, yakni Bowo atau Mega. Dalam hal ini Joko, Bowo dan Mega kita sebut sebagai Cosignator.

Akun Address Peran
msa TCPCYWQBQR5CATQI5CKSENYTP4QHF2RT5RXRVW5X Multisig Wallet
Joko TAJHPQVUJILZHZL3ORAQL4BSSN6HJJCIHVFKERUS Cosignator1
Bowo TDPOBPXYJ3AJAEHBLX7CZJLFYU4OMIKFOEKUU7DF Cosignator2
Mega TB6HV2EDBBFTW7HOFYACP3RVKTI3GMAL4QHTIH2E Cosignator3
Merchant TC6HQX5SQD6PCMENBZTWTZJH5XHEOCZYZYX7NDR4 Penerima Transaksi

Agar ketiga-tiga akun Cosignator dapat digunakan pada Multisig Wallet, masing-masing harus memiliki public key terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengirimkan sejumlah XEM ke wallet yang lain.

  1. Buka akun Joko, lalu klik menu Send, masukkan address: MSA di bagian To, dengan 10 XEM yang akan dikirimkan. Masukkan password dan klik tombol Send. Lakukanlah langkah serupa untuk akun Bowo dan Mega. Di akun MSA, klik Dashboard. Perhatikan apakah ketiga transaksi telah terkonfirmasi.
  2. Di setiap akun Cosignator pastikan Public Key sudah muncul. Coba masuk ke akun Joko, lalu klik menu Account di bagian atas dan lihat di bagian Public Key. Demikian pula di akun Bowo dan Mega.
  3. Tambahkan address Joko, Bowo, dan Mega di akun MSA. Caranya klik menu Services dan pilih tautan Manage Address Book dari bagian Address Book.
  4. Pada laman baru, klik tombol New Contact. Isikan Label berikut address-nya, lalu klik tombol Add Address, hingga semua address muncul di sisi kanan laman.
  5. Masih di akun MSA, klik menu Services dan klik tautan Convert an account to multisig di bagian Multisignature and Multi-User Accounts.
  6. Masukkan Private Key MSA di bidang Address Private Key. Di bagian Cosignatory klik tombol Open address book di sisi kanannya, hingga muncul Select Contact. Klik Select Contact dan pilih Joko hingga address-nya muncul. Kemudian klik tombol Add cosignatory, hingga muncul address Joko di sisi kanan halaman. Lakukan hal yang sama pada Bowo dan Mega, hingga ketiga address tersebut muncul di sisi kanan laman. Untuk Min signatures masukkan angka 2. Setelah itu klik tombol Send.
  7. Masih di akun MSA, klik Dashboard dan periksa apakah transaksi telah terkonfirmasi. Periksa juga di Dashboard akun Joko, Bowo dan Mega.

Skenario Transaksi

  1. Masuklah ke akun Joko, pilih menu Send dan pilih tab Multisig. Secara otomatis akan muncul address MSA di bagian Account lengkap dengan jumlah saldonya. Sekarang lakukanlah pengiriman sebanyak 10 xem ke Merchant.
  2. Sekarang lihat laman Dashboard di akun Bowo dan Mega, termasuk Merchant. Pada tab Unconfirmed terlihat ada satu transaksi yang belum terkonfirmasi dan memerlukan persetujuan dari Bowo dan Mega.
  3. Pada akun Bowo dan Mega, klik transaksi itu dan masukkan password dan klik tombol Cosign transaction. Tunggulah hingga transaksi selesai dan lihat di Merchant, apakah 10 xem telah sampai. Dan lihatlah di MSA, apakah saldonya telah berkurang dan lihat informasi yang melakukan sign, yakni Bowo dan Mega.


    Masih banyak layanan lain yang dapat digunakan di NanoWallet NEM ini, seperti membuat token dengan layanan Mosaic, sistem voting dan Decentralized Domain Name System (DNS) yang memudahkan pengiriman xem cukup dengan menggunakan NEM NameSpace. (vins)

Be the first to write a comment.

Your feedback