Memindai Penurunan Nilai Pasar Kripto

Nilai total pasar kripto terus tergerus sejak 10 November 2021, sebagai puncak tertinggi sepanjang masa. Per 30 Desember 2021, nilainya tergerus setara US$846,79 milyar. Mengapa dan apa sebaiknya Anda lakukan?

Pencapaian nilai US$3 triliun pada 10 November 2021 adalah pencapaian luar biasa bagi kelas aset baru ini. Itu juga sebagai penanda baik, bahwa apresiasi terhadap sangat luar biasa dibandingkan kelas aset lain, seperti emas, saham, obligasi bahkan valuta asing.

Per Kamis, 30 Desember 2021, nilainya terantuk menjadi US$2,1 triliun di titik terendah. Itu setara dengan 28 persen atau senilai US$846,79 milyar.

Apa Itu Nilai Pasar Kripto?

Nilai pasar kripto adalah cerminan besaran apresiasi terhadap pasar kripto secara keseluruhan, mulai dari Bitcoin (BTC) hingga ribuan kripto lainnya berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Serupa dengan nilai kelas aset lainnya, naik dan turun dalam bilangan besar adalah sangat wajar, karena ketika nilai pasar turun adalah cerminan aksi jual, sekaligus mencerminkan tingkat likuiditas pasar kripto itu sendiri. Kami sudah mengulas soal penurunan Bitcoin di artikel sebelumnya ini.

Jikalau dianggap itu sangat besar dibandingkan kelas aset lainnya, itu juga masih terhitung wajar, mengingat pasar kripto berada di arena pasar bebas, tanpa otoritas sentral yang bisa menghentikan perdagangan, jikalau terjadi “pump” dan “dump” dalam waktu sangat cepat.

Apa Sebab?

Jadi, jawaban mengapa pasar aset kripto menguap besar-besaran, jawaban sederhananya adalah aksi ambil untung yang juga besar.

Tetapi, sekali lagi, koreksi bukanlah akhir dari kisah kripto secara umum, melainkan babak dan bab baru yang lebih baik di masa depan.

Singkat kata, koreksi itu wajar dan sehat, karena tiada market manapun yang seterusnya naik tegak lurus.

Pun penelisikan lebih terperinci, nilai dolar AS yang kian menguat adalah salah satu faktor penurunan ini. Penguatan dolar tentu saja terdampak oleh kebijakan tapering oleh The Fed yang akan dipercepat setidaknya mulai awal semester tahun 2022. Ini pada akhirnya memaksa bank sentral itu akan menaikkan suku bunga dan bisa menekan inflasi di Negeri Paman Sam itu.

Yang paling penting adalah memindai dari segi fundamentalnya, sisi adopsi teknologinya yang efisien dibandingkan teknologi keuangan konvensional, langkah bank sentral yang terus meneliti dan akan menerbitkan uang digital mereka agar dapat bersaing dengan blockchain.

Belum lagi menyebut sejumlah perusahaan besar (VISA, Mastercard, dan lain-lain) yang menyadari bahwa teknologi baru ini penting untuk mencetak pendapatan yang lebih besar dan lebih menguntungkan konsumen juga. Perhatikan pula, bahwa nilai kripto sudah masuk ke produk derivatif di CME di AS dan ETF di pasar modal AS, adalah pola terbaik untuk menentukan kenaikan nilai lebih di masa depan.

Nah, apakah koreksi akan berlangsung lama? Itu sangat tergantung pada perspektif Anda sendiri, apakah ingin berada di pasar dalam waktu singkat atau jangka panjang (berbasis fundamental).

Tinjauan Analisis Teknikal

Berdasarkan analisis teknikal, menggunakan indikator Moving Average (MA) 50 dan MA200, kecenderungan nilai pasar kripto akan terus meluruh. Ini tergambarkan candlestick berkali-kali enggan jauh di atas MA50. Bahkan pada 4 Desember 2021, sempat menyentuh jauh di bawah MA200. Saat ini nilai cenderung akan masuk kembali ke MA200 dan akan sangat sulit masuk di atas MA50.

Pun jika menarik garis proyeksi masing-masing MA itu, maka berpotensi akan adanya death cross, sebagaimana yang pernah terjadi pada 7 Juli 2021.

Berdasarkan RSI, garis menolak melanjutkan kenaikan lebih dari nilai 55,02 yang berpuncak lokal pada 26 dan 27 Desember 2021.

Peluang Beli dan Pilih Staking Kripto

Jika Anda memilih waktu yang sangat panjang di market (lebih dari 3 tahun), maka kapan harus membeli dan mengakumulasi kripto tidaklah menjadi masalah. Justru ketika market saat ini yang sedang murah, akumulasi bisa dilakukan lebih sering lagi. Pun disarankan dikombinasikan dengan staking kripto yang tersedia di Triv ini agar pundi-pundi kripto Anda bertambah seiring waktu. [triv]

Comments are closed for this post.