Memo.Cash, Media Sosial di Platform Bitcoin Cash

Istilah media sosial tentu sudah lekat di dalam kehidupan sehari-hari. Facebook dan Twitter, dua di antara berbagai produk media sosial yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Ternyata ide media sosial dapat diaplikasikan di platform mata uang kripto!

Memo.Cash merupakan salah satu aplikasi yang berjalan dalam platform Bitcoin Cash. Memo menawarkan layanan yang amat serupa dengan Twitter, namun berjalan dalam platform Bitcoin Cash.

Bitcoin Cash sendiri merupakan varian Bitcoin yang “memisahkan diri” sebab perbedaan jalan dalam mengatasi isu skalabilitas dalam platform asli Bitcoin. Jika Bitcoin Core (cabang Bitcoin yang berasal dari rantai utama) mengaplikasikan Segregated Witness dan Lightning Network, maka Bitcoin Cash memilih cara yang lebih sederhana, yakni meningkatkan ukuran blok.

Memo.Cash memang unik. Jika biasanya pengembang meletakkan data-data berukuran besar ke dalam sistem lain seperti IPFS (Inter Planetary File System) dan menyimpan nilai hash ke dalam blockchain mata uang kripto tertentu, maka Memo.Cash berjalan sepenuhnya di dalam platform Bitcoin Cash.

Sumber gambar: trustnodes.com

Memo terlihat seperti Twitter, dengan fitur-fitur yang tidak asing seperti “follow” dan tentu saja menulis pesan yang dinamai “memo”.

Nama profil dalam aplikasi Memo menggunakan 6 karakter alamat Bitcoin Cash, ketimbang menggunakan nama yang umum digunakan.

Memo juga dapat menampilkan pesan meskipun transaksi belum terkonfirmasi dalam blockchain (0-confirmation). Hal ini menjadi menarik karena tentu saja pengguna ingin secepatnya mengunggah pesan dan mengirim pesan tersebut kepada semua followernya.

Be the first to write a comment.

Your feedback