Menakar Kinerja Litecoin (LTC) Selama Tahun 2020 dan Potensi di Masa Depan

Menarik meninjau sekejap soal kinerja Litecoin (LTC) selama tahun 2020 ini. Dalam rentang pendek, selama 7 hari terakhir, aset kripto itu mampu tumbuh 33 persen mengalahkan 9 aset kripto berkapitalisasi besar lain, termasuk Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH).

Beberapa tahun lalu, LTC termasuk aset kripto sangat popular dan sangat diunggulkan dan masuk di 3-5 besar berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Selain karena berfitur Halving seperti Bitcoin dan Bitcoin Cash (BCH), biaya dan proses transfer jauh lebih hemat.

Sebagai catatan, circulating supply LTC mencapai 65.919.685 LTC dari maximum supply hanya 84.000.000 LTC.

Halving ke-2, pada 5 Agustus 2019 silam belum berpengaruh besar terhadap kenaikan harga LTC, bahkan masih jauh belum melampaui dua resisten lainnya, yakni US$142 (23 Juni 2019) dan US$181 (6 Mei 2018).

Namun, berdasarkan data historis, harga LTC berangsur-angsur naik beberapa waktu setelah Halving pertama terjadi, 25 Agustus 2015, masa di mana sentimen terhadap pasar aset kripto sangat aduhai.

Rumusan seperti itu pastilah amat relatif, mengingat gempuran aset kripto pendatang baru lainnya, yang sangat fokus untuk sektor DeFi, seperti LINK dan YFI.

litecoin halving chart
Gerak laju harga LTC terkait dua Halving sebelumnya.

Di tengah-tengah pertumbuhan Bitcoin sebagai aset kripto terbesar, pertumbuhan cukup menggembirakan dialami oleh aset kripto lain, termasuk LTC. Mumpung sentimen masih positif terhadap pasar aset kripto secara umum.

Tak hanya berotot soal kapitalisasi pasar, LTC dalam 7 hari terakhir sukses memboyong volume perdagangan yang tinggi. Terpantau pagi, 20 November 2020, LTC berada di posisi ke-4 dengan volume harian mencapai US$6,8 miliar, mengalahkan Ripple (XRP), EOS dan Chainlink (LINK)

Selain itu, menarik juga memantau pertumbuhan LTC sejak awal tahun 2020 ini. Dengan hari ini harga LTC mencapai US$81, artinya mendekati harga tertinggi tahun ini, yakni, US$83,60 (13 Februari 2020).

Mungkinkah pergerakan 7 hari terakhir ini membidik sentimen penembusan itu, karena juga merupakan harga tertinggi selama setahun?

Kinerja LTC selama tahun 2020.
Kinerja LTC selama 1 tahun terakhir.

Sejauh ini LTC tampaknya masih menarik diakumulasi, mengingat sentimen investor dan trader terhadap pasar aset kripto secara umum sedang panas-panasnya. [*]

Comments are closed for this post.