Mengapa Bank Menginginkan Cryptocurrenci Sendiri?

Di tengah-tengah berita dari bank-bank besar di dunia baik dari pemerintah maupun swasta/privat, mengingat perkembangan Blockchain mereka sendiri untuk penggunaan internal, telah memunculkan sebuah pertanyaan: Apakah ada titik temu dalam upaya penggunaan/pengadopsian? Mengingat sifat yang digunakan oleh mata uang desentralisasi dalam operasi itu sangat terpusat. Dikutip dari media online besar Cointelegraph yang telah meminta pakar industri dari agentik UK, Lisk dan Steemit untuk berpendapat mengenai Bank pada masalah tersebut.

Baca juga: Komunitas Steam Melaporkan Bahwa Akun Coinbasenya Terkena Hack; Semua Bitcoin Hilang

Lucas Cervigni, Manager Director Agentic UK, menjelaskan:

“Baru-baru ini, bank sentral telah mengambil langkah mengenai aset Cryptocurrenci ke level yang berikutnya dengan mulai meneliti Cryptocurrenci mereka sendiri. Sebagai perbankan modern yang bekerja di bawah sistem cadangan fraksional, penelitian ini sangat masuk akal. Melalui sistem ini, bank dapat mengeluarkan pinjaman selama yang mereka tetapkan 10% dari cadangan. Pada gilirannya, hal ini akan menciptakan uang pada masing-masing pinjaman. Hal itu tidak mungkin terjadi dengan Bitcoin dan oleh karena itu bank telah mulai mempertimbangkan cryptocurrencies yang terpusat ini dan pengendalian pemerintah. Namun hal ini merupakan masalah serius bagi bank untuk mempertimbangkan hal tersebut, seharusnya masalah mengenai sistem terpusat keuangan, tidak memiliki keraguan dinamika sistem cadangan fraksional yang bisa berubah. Pada akhirnya, bank-bank kecil akan mengalami kerugian dan bangkrut.”

Bank-bank Milik Negara Mengincar Blockchain

Bank Rakyat China (PBoC) memberikan pengumuman pada situs mereka mengenai konferensi mata uang digital mereka sendiri, mendesak tim mereka untuk mempercepat upaya dalam melepaskan mata uang digital. Bank of England dan Bank of Canada juga telah melakukan pengembangan mata uang digital.

Jenis mata uang yang akan dikeluarkan tersebut bernama Central Bank Digital Currency (CBDC). Apa implikasi dari CBDC? Implikasinya yaitu untuk menciptakan komunitas tanpa uang tunai, mencuri sorotan dari Bitcoin dan mata uang privat, atau mungkin untuk mencapai kebijakan moneter yang lebih akurat?

Bank Ingin Melakukan Pengendalian

Ned Scott, Pendiri Steemit, berpendapat bahwa cryptocurrencies yang dikeluarkan oleh bank akan berbeda dari protokol yang semestinya:

“Ini akan menarik untuk melihat apa yang akan menjadi pilihan desain bank dalam membuat protokol Cryptocurrencies mereka dan bagaimana mereka mengintegrasikan mata uang dengan bisnis mereka.. Menurut saya bahwa profil koin Bank yang dikeluarkan ini akan sangat berbeda dari kebanyakan protokol desentralisasi yang kita lihat sekarang ini. Bank mungkin menyisipkan ide yang lebih serius jika mereka merasa mereka dapat mengendalikan mata uang, serta keuntungan dari penggunaannya dan mungkin juga manipulasi mereka.”

Sebuah Sistem Penggangu

Max Kordek, Pendiri Lisk, menjelaskan mengapa bank bisa beranggapan bahwa Cryptocurrencies merupakan pengganggu:

“Topik ini memerlukan pertimbangan berbagai perspektif. Jika saya adalah seorang pengguna cryptocurrency dengan keterlibatan kecil di ruang ini atau pengetahuan tentang peraturan saat ini, menciptakan mata uang tambahan bisa menjadi sulit untuk dipahami. Namun, dalam kenyataannya hukum dan kewajiban tertentu bisa disesuaikan, dan Cryptocurrency adalah pengganggu yang sangat diperlukan.

Di sisi lain, mungkin Cryptocurrencies saat ini tidak memenuhi persyaratan teknologi bank yang dianggap perlu untuk mata uang digital. Misalnya, mungkin mereka memerlukan pasak khusus, spesifikasi Blok-waktu, atau bahkan beberapa mata uang pada satu Blockchain tunggal.

Tidak dapat dipastikan apakah Cryptocurrency publik itu milik bank, milik pemerintah atau akan mendominasi di masa depan, namun saya berharap poin terakhir ini akan terjadi nanti.”

Buterin: Blockchain Privat Memiliki Keuntungan

Ketika ditanya mengenai apa alasan kepentingan dari bank dalam Cryptocurrency, mayoritas para audien setuju bahwa hal itu merupakan kombinasi dari keinginana untuk tetap relevan dan berusaha untuk mengendalikan pembangunan masa depan Blockchain.

Sebuah sikap yang wajar, mengingat bagaimana itu Bitcoin dan Cryptocurrencies lainnya telah membuktikan nilai mereka dengan memungkinkan pengguna dalam mengirim sebuah transaksi yang lebih cepat, lebih murah jika dibandingkan dengan transfer bank.

Vitalik Buterin, co-founder dari Ethereum, berpendapat bahwa kecenderungan ini tidak sepenuhnya karena politik. Menurut dia, Blockchain privat dapat (dalam konteks tertentu) menawarkan beberapa keunggulan teknologi dan keuangan, jika dibandingkan dengan yang umum.

Keuntungan ini berasal dari kontrol yang lebih besar dari bank yang mampu menggunakan Blockchain private, dan termasuk ada atau tidaknya risiko serangan 51%, tingkat privasi yang lebih besar bagi para pemilik Blockchain ini serta transaksi yang lebih murah.

Kesimpulannya, untuk saat ini belum ada konsensus yang jelas mengenai nilai dari Blockchain privat dan dampaknya terhadap ekosistem secara keseluruhan.

Mengapa Bank Menginginkan Cryptocurrenci Sendiri?

Be the first to write a comment.

Your feedback