Mengapa Kita Harus Menggunakan Bitcoin?

Bitcoin adalah bentuk dari mata uang yang yang relatif baru dan sangat mainstream akhir-akhir ini, namun masih banyak orang yang tidak mengerti mengapa mereka harus menggunakan bitcoin.

Mengapa kita harus menggunakan bitcoin? Berikut adalah 10 alasan mengapa bitcoin ini layak kita gunakan.

Baca juga: Bitfinex Merilis Rencana Peluncuran Untuk Bursa Pertukaran Bitcoin

Bitcoin Itu Cepat

Ketika Anda melakukan pembayaran cek dari bank lain ke bank Anda, bank sering kali memegang uang itu selama beberapa hari, karena memang bank tidak bisa langsung percaya bahwa dana tersebut benar-benar ada. Demikian pula, wire transfer internasional dapat memakan waktu yang relatif lama. Namun sangat berbeda dengan transaksi Bitcoin, pada umumnya transaksi menggunakan bitcoin jauh lebih cepat.

Untitled

Transaksi bisa dilakukan secara instan jika transaksi itu “zero-konfirmasi”, yang berarti bahwa pedagang akan mengambil risiko untuk menerima transaksi yang belum dikonfirmasi oleh blockchain bitcoin. Atau, mereka dapat menunggu sekitar 10 menit jika seorang pedagang membutuhkan transaksi bitcoin agar dikonfirmasi. Yang jauh lebih cepat daripada transfer antar bank.

Bitcoin Itu Murah

Apa yang kamu katakan? Transaksi kartu kredit Anda instan juga? Emh, itu benar. Beberapa pedagang akan mengenakan biaya untuk setiap transaksi dalam kartu debit, karena mereka harus membayar ‘swipe fee’ yang sangat lumayan lah. Namun biaya transaksi Bitcoin itu sangat minimal/murah, atau dalam beberapa kasusnya itu bisa saja gratis.

Pemerintahan Pusat Tidak Bisa Mengambil Keuntungan Dari Dana Tabungan Anda

Apa kalian mengingat kejadian di Cyprus di bulan Maret 2013? Bank Sentral ingin mengambil kembali deposito asuransi yang lebih besar dari $ 100.000 untuk membantu rekapitalisasi dirinya sendiri, menyebabkan kerusuhan besar pada masyarakat setempat. Hal ini berawal dari keinginan mengambil persentase deposito di bawah angka tersebut, memakan secara langsung ke dalam tabungan keluarga. Namun kejadian serupa tidak dapat terjadi pada bitcoin. Karena mata uang ini desentralisasi, Anda satu-satunya pemiliki yang sah. Tidak ada otoritas pusat yang memiliki kontrol, sehingga bank tidak bisa mengambilnya dari Anda.

Tidak Ada Chargeback

Setelah Bitcoin sudah dikirimkan, bitcoin akan hilang. Seseorang yang telah mengirimkan Bitcoinnya tidak dapat mengambilnya kembali tanpa persetujuan penerima. Hal ini membuat sulit untuk melakukan jenis penipuan yang sering kita lihat dengan kartu kredit, di mana orang melakukan pembelian dan kemudian menghubungi perusahaan kartu kredit untuk melakukan tagihan balik/chargeback, yang secara efektif membalikkan transaksi.

Seseorang Tidak Bisa Mencuri Informasi Pembayaran Dari Pedagang

Hal ini merupakan masalah besar. Sebagian besar toko pembelian online hari ini melakukan sistem pembayaran melalui kartu kredit, namun pada tahun 1920 dan 30-an, ketika prekursor pertama kartu kredit muncul, Internet masih belum bisa dipahami. Kartu kredit tidak seharusnya digunakan secara online dan tidak aman. formulir online mengharuskan Anda untuk memasukkan semua informasi rahasia Anda (nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, dan nomor CSV) ke dalam bentuk web. Sulitnya untuk memikirkan sebuah cara yang aman untuk melakukan bisnis online pada saat itu. Inilah sebabnya mengapa nomor kartu kredit ini terus dicuri.

Untitled

Transaksi Bitcoin, tidak mengharuskan Anda untuk menyerahkan informasi rahasia Anda. Sebaliknya, mereka menggunakan dua kunci: kunci publik, dan satu kunci pribadi. Siapapun dapat melihat kunci publik anda (yang biasanya disebut dengan alamat bitcoin Anda), namun kunci pribadi Anda ini adalah rahasia. Ketika Anda mengirimkan bitcoin, ‘tanda/sign’ transaksi Anda dengan menggabungkan kunci publik dan privat secara bersama-sama, dan menerapkan fungsi matematika kepada mereka. Hal ini menciptakan sertifikat yang membuktikan bahwa transaksi itu muncul dari Anda. Selama Anda tidak melakukan hal-hal konyol seperti penerbitan kunci pribadi Anda untuk semua orang agar semua orang mengetahuinya, selamat..Anda sudah aman dari segala kasus pencurian.

Bitcoin ini tidak inflasioner

Permasalahan besar mata uang kertas biasa adalah bahwa pemerintah dapat mencetak sebanyak-banyaknya uang tersebut sesuka hati mereka, dan mereka sering melakukannya. Jika ada tidak cukup mempunyai dolar AS untuk membayar utang nasional, maka Federal Reserve dapat mencetak uang kembali. Jika perekonomian disuatu negara sedang sputtering/kewalahan, maka pemerintah dapat mengambil uang baru yang telah dicetak tadi dan menyuntikkan ke dalam perekonomian mereka, melalui proses yang banyak dipublikasikan yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif. Hal ini menyebabkan nilai mata uang menurun.

Singkatnya, apabila Anda secara tiba-tiba menggandakan jumlah dolar yang beredar, maka berarti ada dua dolar di mana sebelum hanya ada satu dollar saja. Seseorang yang menjual cokelat yang berharga satu dolar secara tidak langsung harus merogoh dua kali lipat dari harga semestinya untuk membuatnya bernilai sama seperti sebelumnya, karena dolar tiba-tiba hanya bernilai setengah. Hal ini disebut dengan inflasi, dan hal itu menyebabkan harga barang dan jasa meningkat. Inflasi bisa sulit untuk dikontrol, dan dapat menurunkan daya beli masyarakat. Namun Tenang saja, Bitcoin dirancang untuk memiliki jumlah maksimum koin hanya 21 juta yang akan beredar dan semua itu asli. Artinya, jumlah Bitcoin tidak akan bertambah lagi, sehingga inflasi tidak akan menjadi masalah disini. Bahkan, deflasi – di mana harga barang dan jasa akan jatuh – itu lebih mungkin jika kita berada di dunia bitcoin.

Hal Ini Secara Pribadi Sesuai Dengan Keinginan Anda

Kadangkala, kita tidak ingin orang lain mengetahui apa yang telah kita beli. Bitcoin adalah mata uang yang relatif pribadi/privat. Di satu sisi, hal ini sangatlah transparan – berkat blockchain, semua orang akan tahu berapa banyak alamat bitcoin tertentu yang memegang transaksi. Mereka tahu di mana transaksi tersebut berasal, dan di mana mereka dikirimkan. Di sisi lain, tidak seperti rekening bank konvensional, tidak ada yang tahu siapa yang memegang alamat bitcoin tertentu. Ini seperti memiliki dompet plastik yang bening tanpa pemilik yang terlihat. Semua orang dapat melihat ke dalam, namun tidak ada yang tahu siapa pemiliknya. Namun, perlu dijelaskan lagi bahwa orang yang menggunakan bitcoin (seperti selalu menggunakan alamat bitcoin yang sama, atau menggabungkan koin dari beberapa alamat ke alamat tunggal) memiliki risiko sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi mereka secara online.

Anda Tidak Perlu Mempercayai Orang Lain

Dalam sistem perbankan konvensional, Anda harus percaya pada orang lain untuk menangani uang Anda dengan benar setiap hari. Anda harus percaya pada bank, misalnya. Anda mungkin harus percaya pada prosesor pembayaran pihak ketiga. Anda harus percaya pedagang juga. Organisasi-organisasi ini menuntut kepentingannya sendiri, meminta informasi pribadi Anda. Bitcoin sepenuhnya terdesentralisasi, Anda tidak harus mempercayakan kepada orang lain ketika menggunakannya. Ketika Anda mengirimkan sebuah transaksi, transaksi tersebut akan ditandatangani secara digital, dan aman. Seorang penambang yang tidak diketahui akan memverifikasinya, dan kemudian transaksi itu selesai. Pedagang tersebut juga tidak perlu tahu siapa Anda, kecuali Anda sudah mengatur untuk memberitahu ke mereka.

Anda Pemiliknya

Tidak ada sistem cash elektronik lainnya di mana akun Anda dimiliki oleh orang lain. Sebut saja PayPal, misalnya: jika perusahaan memutuskan untuk beberapa alasan bahwa akun Anda telah disalahgunakan, ia memiliki kekuatan untuk membekukan semua aset yang Anda miliki di rekening tersebut, tanpa terlebih dahulu berkonsultasi pada Anda. Dengan bitcoin, Anda memiliki kunci pribadi dan kunci publik yang sesuai yang akan membentuk alamat bitcoin. tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda (kecuali jika Anda kehilangan kunci itu sendiri, atau host dengan layanan dompet yang berbasis web Anda hilang).

Anda Dapat Membuat Uang Anda Sendiri

Terlepas dari kemajuan yang luar biasa dalam teknologi color printing home office, sebagian besar pemerintah nasional akan menyebut Anda sebagai penjahat tindak pidana karena Anda berusaha untuk memproduksi uang Anda sendiri. Dengan bitcoin, hai ini dianjurkan. Anda dapat membeli Bitcoin di pasar terbuka, tetapi Anda juga dapat menambang/membuat bitcoin Anda sendiri jika Anda memiliki daya komputasi yang cukup. Setelah menyiapkan kebutuhan awal Anda seperti peralatan komputer, internet dan listrik, menambang Bitcoin bisa dilakukan dengan membiarkan mesin komputer Anda hidup, dan perangkat lunak yang berjalan. Dan saya kira siapa yang tidak mau komputer nya dapat memprodiksi uang saat ditinggal tidur? Banyak kan….

Nah mungkin itu alasan yang kuat mengapa Anda harus menggunakan Bitcoin. Untuk selebihnya itu semua tergantung pada keputusan masing-masing pihak…

Gambar: fastweb

Mengapa Kita Harus Menggunakan Bitcoin?

Be the first to write a comment.

Your feedback