Mengapa TRON (TRX) Layak Dilirik Tahun Ini?

Tron yang didirikan oleh Justin Sun termasuk pendatang baru di dunia blockchain. Tetapi jeroan dan keandalan sang pendiri adalah pendorong utama kripto ini masuk ke jajaran 10 besar kripto dunia versi Coinmarketcap.com. Justin Sun sendiri pernah bekerja di Ripple sebagai perwakilan perusahaan itu untuk wilayah Tiongkok pada tahun 2014. Berkat nyali Sun jugalah, TRON bisa mengkuisisi BitTorrent, sebuah protokol jaringan peer-to-peer untuk berbagai file, terbesar saat ini dengan jumlah pengguna mencapai seperempat miliar di seluruh dunia. Hingga Oktober 2018, pengguna aktif BitTorrent mencapai 1 juta.

Dengan kripto TRX juga pengguna bisa menggunakan BitTorrent versi pro. Bahkan pekan lalu Justin mengumumkan penerbitan kripto khusus untuk BitTorrent (BTT). Ini memungkinkan transaksi di aplikasi itu menggunakan BTT. Tentu saja BTT dibuat menggunakan blockchain TRON. Kabar penerbitan kripto baru itu pula yang membuat TRON semakin melejit dengan kapitalisasi pasar mencapai US$22,6 triliun

Performa harga TRX secara global pun cukup mengguncang. Selama satu bulan terakhir, berdasarkan data dari Coinmarketcap.com, harga TRX naik hingga 78,4 persen!, dari US$0,013452 menjadi US$0,024000 pada hari ini, Selasa, 8 Januari 2019.

Pada pertengahan Desember 2018 lalu pun, jumlah transaksi TRX mencapai 100 juta. Volume transaksi yang tinggi kemungkinan besar berasal dari aplikasi terdesentralisasi (dApps) di dalam ekosistem TRON. Data menunjukkan delapan dari sepuluh aplikasi teratas pada blockchain TRON adalah aplikasi judi.

“Ini adalah pertama kalinya TRON menyalip Ethereum dalam jumlah transaksi harian. 599.354 transaksi TRX dibanding 565.791 transaksi ETH,” cuit Sun melalui Twitter pada 18 Oktober lalu.

Yang turut ke tempat penantian adalah beredarnya kabar bahwa EtherGoo, decentralized app (dAPP) popular yang sebelumnya berjalan pada blockchain Ethereum ternyata sudah hijrah ke ke blockchain TRON. Nama game itu berubah menjadi TronGoo.

Yang terpenting disoroti di sini adalah percepatan pertumbuhan TRON yang intersepsinya baru dimulai pada 13 September 2017 lalu. Developer TRON juga sangat aktif mengembangkannya secara rutin. Ditambah lagi pengguna BitTorrent yang selalu bertambah yang bersumbangsih besar mengebut kenaikan harga TRX di masa depan.

Kompetisi terbesar TRON tentu saja dengan Ethereum dan Stellar yang sama-sama memiliki performa agak lumayan dalam sebulan terakhir ini. Terlebih-lebih Ethereum yang pada tengah bulan ini akan memutakhirkan sistemnya. Aksi ini setidaknya memutus  suplai ETH di masa depan, dan secara alami meningkatkan harga ETH sendiri.

Be the first to write a comment.

Your feedback