Mengenal Apa Itu Dompet Bitcoin

Bitcoin dikenal sebagai mata uang digital, sistem ekonomi baru yang muncul di dunia. Bitcoin diciptakan oleh Sathosi Nakamoto di tahun 2009 dan mulai digandrungi banyak orang hingga saat ini. Banyak orang-orang di belahan dunia yang ingin menggunakan bitcoin karena transaksinya yang cepat, aman serta rendah biaya di setiap transaksinya jika dibandingkan dengan Bank atau jasa pengiriman uang lainnya.

Banyak dari orang-orang yang baru masuk ke dunia bitcoin kebingungan, setelah mereka mendapatkan sejumlah bitcoin. Dimana mereka akan menyimpan asset digital mereka secara aman?

Nah disini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai wallet bitcoin. Apa itu wallet? Wallet dalam bahasa Indonesia yaitu dompet, dompet berguna sebagai tempat penyimpanan uang di saku anda jika itu di kehidupan nyata, namun disini wallet berguna sebagai tempat penyimpanan bitcoin anda.

Baca juga: Bitcoin Merupakan Sebuah Kesempatan Bagi Bank, Bukanlah Sebuah Ancaman

Dari banyaknya wallet yang beredar kami akan menggolongkan beberapa wallet disini:

Mobile Wallet

Mobile Wallet, merupakan aplikasi yang berbasis OS Android yang harus di install ke smartphone sebelum digunakan. Wallet ini dapat dibawa kemana pun anda pergi dan Mobile Wallet dapat digunakan untuk transaksi pembayaran, pembelian & penjualan dengan cara scan QR Code ataupun NFC (dengan meng-tap smartphone anda) untuk smartphone model terbaru yang pada umumnya telah mempunyai NFC.

Adapun beberapa contoh mobile wallet yang dapat anda gunakan:

  1. Bitcoin Wallet (Android)
  2. Bitcoin Wallet (Blackberry)
  3. Blockchain for the iPhone (hybrid mobile+web wallet)
  4. Paytune (IOS) (hybrid mobile+web wallet)
  5. Coinbase iPhone & Android (hybrid mobile+web wallet)
  6. Mycelium and BITCOIN wallet
  7. Bitwallet
  8. Bitalo

Web Wallet

Web Wallet, Wallet ini tersimpan dan disediakan oleh para penyedia Web Wallet/pihak ketiga dengan menawarkan flexibiliti. Dalam menggunakan tipe wallet ini, Anda harus memperhatikan sisi keamanan yang digunakan perusahaan penyedia jasa penyimpanan wallet tersebut, karena secara tidak langsung Anda telah mempercayakan Bitcoin Anda kepada pihak lain.

  1. Blockchain
  2. Xapo
  3. Coinbase
  4. Counterwallet

Desktop Wallet

Desktop Wallet ini adalah sebuah aplikasi desktop yang bisa anda download dan di install ke komputer anda.

  1. Bitcoin-QT (software Asli)
  2. Multibit (cepat)
  3. Armory (upgrade dari Bitcoin-QT)
  4. Electrum (paling cepat, simpel, tapi fitur terbatas)

Pada setiap wallet, Anda dapat menemukan Alamat Bitcoin. Alamat bitcoin ini berguna sebagai ID yang diperlukan ketika Anda melakukan transaksi bitcoin dengan orang lain. Jika Anda ingin mengirimkan sejumlah bitcoin ke rekan, saudara ataupun orang lain, Anda perlu mendapatkan alamat Bitcoin dari orang yang akan Anda kirim, Dan juga sebaliknya. Contoh simple nya jika Anda memiliki beberapa bitcoin di wallet Anda, Anda bisa mengirimkan beberapa bitcoin ke alamat bitcoin saya 1AExUEWsBAyEX3xz5gQMxDbF5Br7Bp4fXN. ID atau bitcoin address tersebut bisa di-generate sebanyak mungkin.

Peringatan Penting!

Jika anda memakai wallet software atau mobile, Anda harus hati-hati. Karena bitcoin Anda tersimpan di dalam perangkat Anda, jika terjadi kerusakan pada Hp dan komputer Anda kemungkinan besar bitcoin Anda akan hilang, serta pencuri pun dapat mengambil bitcoin anda jika mereka mendapatkan akses masuk ke wallet Anda. Namun tenang saja, saya akan memberikan tips lebih kepada Anda semua. Simak baik baik ya, cobalah tips berikut ini agar terhindar dari hal hal buruk mengenai bitcoin anda:

Lakukan Full Backup secara berkala

Simpan backup di perangkat lain seperti di flashdisk atau komputer lain.

Gunakan fitur enkripsi

Dengan enkripsi di setiap transaksi yang akan berlangsung selalu membutuhkan login dengan password. Ini mencegah pencuri untuk mendapatkan akses ke komputer Anda.

Hati-hati, lupa password

Kehilangan password sama dengan kehilangan uang!

Aktifkan fitur 2FA

Fitur 2FA terbilang sangat penting. Dua faktor otentifikasi ini berfungsi sebagai identifikasi atas kebenaran akses masuk pada akun dompet Bitcoin anda. Selain itu juga memberikan notifikasi kepada pemilik sebenarnya. Notifikasi yang muncul ketika dompet bitcoin diakses bisa melalui sms, atau juga yang lain.

Untuk bisa mengaktifkan fitur keamanan ini, Anda bisa melakukannya dengan mengatur setting dompet bitcoin Anda. Baik dompet yang berbasis website maupun yang lain. Untuk mengatur setting pengaktifan ini melalui petunjuk-petunjuk yang kebanyakan sudah disediakan oleh penyedia layanan wallet anda.

Menyimpan Privat key Dompet Anda dengan baik

Ada dua hal yang perlu Anda ketahui mengenai wallet Bitcoin, yakni tentang Private Key dan Public Key. Public key ini akan berfungsi sebagi alamat Bitcoin anda, yang bisa diketahui oleh orang lain. Dengan public key tersebut anda bisa bisa menerima Bitcoin dari orang lain. Pada Bitcoin, Public key ini lebih dikenal dengan sebutan Address (alamat Bitcoin).

Private key merupakan kunci yang bersifat rahasia, dan hanya anda yang boleh tahu. Jika orang lain mengetahui Private key Anda, maka percayalah besar kemungkinan orang tersebut akan mengambil Bitcoin Anda sampai habis.

Nah mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan mengenai wallet bitcoin, pelajari terlebih dahulu dan pertimbangkan secara jeli sebelum anda menggunakan wallet bitcoin secara benar.

Artikel ini bertujuan untuk informasi saja, tidak dijadikan sebagai dasar investasi atau penyimpanan asset berharga Anda. Jika terjadi kerugian yang diakibatkan oleh artikel ini, maka Triv tidak bertanggung jawab.

Mengenal Apa Itu Dompet Bitcoin

Be the first to write a comment.

Your feedback