Mengenal PayPal dan Layanan Jual Beli Saldo Paypal di Triv

Sebelum sistem uang elektronik peer-to-peer Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008 silam, ada layanan keuangan bernama PayPal yang lahir pada tahun 1998 silam yang dirintis oleh Maksymilian Rafailovych “Max” Levchin. Menggunakan PayPal dirasa lebih mudah dan cepat daripada langsung menggunakan layanan perbankan, khususnya untuk transaksi lintas negara. Apa dan bagaimana sebenarnya PayPal? Dan bagaimana prinsip kerjanya? Lalu, bagaimana Triv.co.id mempermudah Anda melakukan top up saldo PayPal?

Layanan keuangan PayPal berada di bawah payung perusahaan PayPal Corp, yang bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat. PayPal Corp sebenarnya adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000.

Confinity sendiri didirikan pada Desember 1998 oleh pengusaha Peter Thiel dan Max Levchin dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi.

Sedangkan X.com didirikan oleh Elon Musk pada Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan ini mulanya terletak di 165 University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, eBay (situs lelang yang kini dimiliki oleh Amazon), merasa PayPal cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online mereka.

Sebelumnya, ebay telah membeli layanan yang mirip, yakni Billpoint pada Mei 1999 dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh eBay walaupun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan. PayPal pun diakuisisi oleh e-bay pada tahun 2002 lalu dilepas pada tahun 2014 lalu berdiri sendiri.

Pada Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal. Berdasarkan data dari Statista, hingga kuartal ke-2 tahun 2019 pengguna PayPal di seluruh dunia mencapai 286 juta.

Kini PayPal memiliki anak perusahaan lain untuk melengkapi produk layanan keuangannya, yakni Braintree, Paydiant, Venmo, PayPal Credit, Xoom Corporation, TIO Networks, card.io, iZettle dan Tradera

Capaian seperti ini bisa terjadi, karena PayPal memudahkan transfer uang lintas negara tanpa langsung melalui perantaraan bank. Pengguna cukup menggunakan alamat e-mail apapun dan terkoneksi dengan sistem keuangan PayPal, bisa menerima kiriman uang kapan dan di mana saja. Uang itu nanti bisa ditransfer ke rekening bank biasa para pengguna.

Pekan lalu misalnya, seorang teman di Indonesia menerima kiriman uang dari India menggunakan PayPal. Uang dikirimkan sejumlah 100 USD. Setelah dipotong biaya tarik sebesar 4,70 USD (4,7 persen), uang yang diterima bersih menjadi 95,30 USD (Rp1.310.906).

Nah, layanan top up saldo PayPal bisa Anda lakukan sangat mudah di Triv.co.id. Untuk melakukan deposit rupiah cukup dengan mentransfer melalui rekening bank Anda atau menggunakan OVO. Di platform Triv.co.id, lalu lakukanlah pembelian saldo PayPal hingga tersimpan di akun PayPal Anda.

Di akun Triv Anda, klik menu Beli/Jual. Pada laman yang muncul pilih Paypal. Di Triv saldo PayPal bersatuan USD yakni Rp15.000. Laman berikutnya, Ada diminta memilih beberapa untuk melakukan deposit rupiah, yakni Rupiah (melalui transfer bank atau saldo rupiah yang sudah ada di akun Anda sebelumnya), OVO, Minimarket/Pegadaian/POS (Indomaret/Alfamart, Pegadaaian atau Pos Indonesia, ataupun Crypto/V-Money (Perfect Money, Bitcoin, Ethereum, Stellar Lumens, Paxos).

 

Misalnya kita melakukan pembelian saldo PayPal menggunakan saldo rupiah yang sudah ada di akun. Ingat, pembelian minimal saldo PayPal adalah 50 USD. Untuk itu pilihlah Dompet Rupiah Triv. Isikan alamat e-mail PayPal tujuan di bagian Receiving Account. Masukkan jumlah saldo PayPal yang ingin Anda beli, lalu klik tombol Lanjut, hingga Anda memasukkan PIN Google Authenticator.  Selamat bertransaksi! [*]

Be the first to write a comment.

Your feedback