Menyelami Ekosistem 1inch

Di dalam ekosistem 1inch, aset kripto 1INCH adalah salah satu komponen sentralnya. Kripto itu sudah tersedia di Triv.co.id. Yuk, mari kita selami lagi Ekosistem 1inch yang menarik ini.

Proyek utama 1inch adalah decentralized exchange (DEX), sebuah aplikasi khusus yang berjalan di blockchain. Aplikasi dibuat dengan smart contract, sebuah fitur untuk pemrograman.

Di kategori umum, DEX adalah bagian dari pasar Decentralized Finance (DeFi), yang kini nilainya sekitar US$76,91 milyar, berdasarkan data dari DeFiPulse.

Nilai pasar DeFi secara global. DEX adalah bagian darinya. Sumber: DeFiPulse.

1inch disebut DEX, karena tidak ada entitas sentral yang mengendalikan sistemnya. Bahkan pengguna 1inch bisa tetap mengendalikan private key wallet-nya ketika terhubung ke DEX 1inch.

Tampilan DEX 1inch (web-based) yang terhubung secara langsung melalui wallet MEW di ponsel. Sumber: 1inch.

Apa Perbedaan dengan Centralized Exchange (CEX)

Sistem CEX, seperti perdagangan di bursa efek, mengandalkan komponen order book. Komponen itu mencatat semua order (pesanan) jual dan beli oleh semua pengguna, sebelum dieksekusi dan terisi (filled).

Sedangkan DEX tidak mengandalkan order book sepenuhnya, tetapi juga menerapkan komponen liquidity pool (LP). Komponen ini memastikan tingkat likuiditas (kemudahan beli-jual) beberapa aset.

Di dalam LP, aset kripto 1INCH memegang peran sentral, di antaranya untuk mendapatkan imbalan berupa 1INCH jikau meng-hold-nya di dalam ekosistem 1inch, termasuk di DEX-nya.

1inch Sebagai Pengumpul Data

Keunikan 1inch dibandingkan DEX lain adalah, 1inch adalah sebagai pengumpul data (agregator) perdagangan dari DEX yang lain, Balancer, Uniswap dan lain sebagainya.

Artinya, sistem 1inch menyatukan banyak data perdagangan dalam 1 tempat saja, tanpa repot-repot membuka DEX yang lain secara satu per satu.

Dengan teknik itulah, pengguna 1inch bisa mendapatkan harga beli-jual terbaik. Itu memungkinkan karena 1inch menggunakan bot arbitrase khusus.

Lazimnya di DEX lain yang mirip seperti 1inch, memerlukan beberapa langkah-langkah manual dan cepat.

Nah, 1inch memastikan itu berjalan lebih efisien, karena dieksekusi dalam 1 transaksi saja.

Memperkecil Slippage

Dengan teknik agresasi pula memastikan memperkecil slippage. Slippage adalah perbedaan antara harga yang diharapkan trader untuk membayar aset dibandingkan dengan harga sebenarnya yang dibayarkan untuk aset tersebut.

Mekanisme ini sangat bermanfaat untuk trade pair aset kripto yang memiliki likuiditas yang rendah tetapi volume beli-jualnya sangat tinggi. Trader bisa menghemat biaya dan waktu dengan cara ini.

Contohnya seperti ini. Katakanlah Anda ingin membeli 10.000 unit aset kripto tertentu dari bursa dengan harga pasar US$1 per unit.

Jika bursa itu memiliki likuiditas rendah, kemungkinan besar harga pasar bisa naik sebelum order Anda dipenuhi (full filled). Itu bisa terjadi, karena order Anda sebesar itu justru memompa harga pasar aset tersebut.

Nah, sistem 1inch mengatasi itu dengan mekanisme yang diterapkannya, sehingga Anda tetap bisa membayar U$1 untuk aset kripto yang Anda inginkan itu, dengan tetap mendapatkan 10 ribu unit.

Apa Peran Lain Kripto 1INCH?

Ada dua peran utama 1INCH. Pertama, sebagai utility token (sebagai alat tukar dengan aset lain) dan sebagai governance token (mengelola dan berpartisipasi di ekosistem 1inch).

Dalam hal governance token, salah satunya adalah untuk meningkatkan likuiditas di DEX 1inch.

Pihak-pihak yang mengiriman kripto 1INCH ke DEX itu disebut sebagai penyedia likuiditas (liquidity provider) di komponen yang disebut dengan liquidity pool (LP).

Atas jasanya, penyedia likuiditas berhak mendapatkan imbalan berupa kripto 1INCH sebesar 300 persen tahunan (APY).

Persentase sebesar itu berdasarkan dari alokasi Community Incentive sebesar 30 persen dari total pasokan 1INCH, 1,5 milyar unit.

Kripto sebanyak itu akan dicapai pada tahun 2024, karena pasokan akan di-unlock secara periodik.

Saat ini circulating supply 1INCH adalah 167.261.207,121 unit, berdasarkan data dari Coinmarketcap.com.

Partisipasi Demokratis

Masih dalam hal governance token, 1INCH digunakan untuk berpartisipasi di ekosistem 1inch. Misalnya lead developer mengusulkan perubahan sistemnya, maka Anda selaku pemegang 1INCH berhak memberikan suara atas usulan itu.

Cara itu memastikan sistem tetap demokratis dan desentralistik. Perubahan tidak bisa ditekankan oleh lead developer sendiri. [triv]

Comments are closed for this post.