Metaverse dan Masa Depan Kripto Axie Infinity Shard (AXS)

Istilah metaverse kian jadi topik hangat, utamanya di pasar aset kripto, setelah Facebook berubah nama menjadi Meta. Axie Infinity Shard (AXS) sebagai kripto pendatang baru juga erat dengan metaverse yang menjanjikan ini berkat game-nya yang keren. Apakah AXS layak dijadikan investasi jangka panjang?

Sesungguhnya istilah metaverse adalah perpanjangan dari istilah realitas virtual alias virtual reality, yakni dunia maya berwujud tiga dimensi (3D) yang memungkinkan penggunanya bisa berinteraksi secara realtime yang mensimulasikan dunia fisik manusia.

Konsep realitas virtual pula sudah berakar pada tahun 1970-an baik lewat film ataupun novel dan menjadi nyata pada tahun 2000-an ketika teknologi game semakin apik, termasuk alat penampil visualnya, yakni virtual reality headset.

Perbedaan metaverse dan virtual reality terletak pada komponen pelengkapnya, yakni, mulai dari media sosial, wujud avatar penggunanya, termasuk komponen lainnya, seperti toko daring, kripto sebagai metode pembayaran hingga game bersubgenre play-to-earn. Singkat kata, metaverse dalam kata lengkap dunia realitas virtual itu yang menghubungkan banyak orang dengan fitur menarik.

Daya tarik konsep metaverse juga sudah lama ada di dunia kripto, jauh sebelum Facebook mengumumkan masuk lebih dalam ke dunia metaverse.

Lihat misalnya proyek kripto Decentraland (MANA) yang sejak awal fokus pada produk dunia realitas virtual bertenaga teknologi blockchain.

Di dalam dunia maya interaktif 3D itu, Anda bisa bermain game, membeli NFT (Non-Fungible Token) hingga bermain game, chatting dengan pengguna lainnya.

Tak heran ketika Facebook beralih menjadi Meta, harga MANA terdongrak naik, termasuk kripto Axie Infinity Shard (AXS) yang lekat dengan proyek game Play-to-Earn, Axie Infinity.

Di game yang berpengguna terbanyak di Asia itu memungkinkan pemain mendapatkan imbalan berupa kripto dengan memainkan karakter game itu dengan pemain lain.

Mengapa AXS Lekat dengan Metaverse?

Metaverse digadang-gadang sebagai konsep dan teman bisnis masa depan. Salah satu pilar penting di metaverse adalah game yang mensyaratkan adanya unsur permainan, persaingan, hiburan dan imbalan.

Dan lagi imbalan dalam bentuk kripto menjadi daya tarik tersendiri, karena nilainya diharapkan naik, ketika game itu semakin banyak digunakan orang lain.

Nilai Investasi Tentukan Masa Depan AXS

Bulan lalu, perusahaan ventura ternama, yakni a16z berinvestasi di Sky Mavis, perusahaan pengembang game Axie Infinity itu. Bagi perusahaan yang berada di balik belasan proyek kripto lainnya, itu, proyek game kripto Axie Infinity sangat menjanjikan, karena akan mengundang semakin banyak pemain lainnya.

Pemain yang semakin banyak adalah prasyarat kenaikan nilai kripto AXS di masa depan, yang tentu saja akan bersaing ketat dengan pemain baru di sektor ini.

Hanya saja, berkat nilai investasi yang tidak sedikit dan datang dari perusahaan investasi ternama, maka tingkat kelajuan AXS lebih memiliki keunggulan.

Maka, jika konsep metaverse adalah menjanjikan dan punya peluang besar, bukan tidak mungkin kripto AXS cukup layak dijadikan aset jangka panjang alias investasi. Anda Siap? [triv]

Comments are closed for this post.