MicroStrategy Ingin Beli Bitcoin Lagi, US$400 Juta

Buy the dip!” begitulah adab aset kripto sejak dulu kata. Ketika harga Bitcoin murah, lakukanlah pembelian. Itulah yang dilakukan lagi oleh perusahaan publik asal AS, MicroStrategy. Mereka menerbitkan surat utang perusahaan alias obligasi bernilai US$400 juta. Belakangan diketahui berubah menjadi USS$500 juta.

Pada 7 Juni 2021 lalu, MicroStrategy mengumumkan penawaran obligasi bernilai US$400 juta. Hasil penjualan akan digunakan untuk membeli Bitcoin lagi.

Sejak tahun 2020, perusahaan pimpinan Michael Saylor itu mengumpulkan Bitcoin hingga 92.079 BTC.

Namun, berdasarkan data dari Bloomberg, obligasi itu menarik banyak peminat. Akhirnya obligasi bertambah, dari US$400 juta menjadi US$500 juta.

Naiknya permintaan dari investor terhadap obligasi itu mencerminkan kekuatan daya beli terhadap nilai aset kripto nomor wahid itu, menurut sumber Bloomberg.

Penawaran obligasi adalah hal yang wajar di bisnis perusahaan, utamanya untuk menambah aset perusahaan.

Investor obligasi akan mendapatkan bunga dari pembelian itu. Dalam hal ini obligasi perusahaan MicroStrategy bunganya sekitar 6,125 persen per tahun.

“Bunga itu lebih rendah dari tawaran awal, yakni 6,2 persen hingga 6,25 persen,” menurut sumber Bloomberg.

Bitcoin Sah Sebagai Alat Pembayaran di El Salvador

Penawaran obligasi itu beberapa jam sebelum Parlemen El Salvador mensahkan undang-undang terkait diperbolehkannya Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada Selasa waktu setempat.

Undang-undang itu berdasarkan RUU dari pemerintahan pimpinan Nayib Bukele.

Sebelumnya Bukele mengumandangkan niatan itu di ajang Bitcoin Miami 2021 belum lama ini.

Dengan sahnya Bitcoin itu sebagai alat pembayaran, maka statusnya setara dengan dolar AS yang juga digunakan sebagai legal tender di negara Amerika Tengah itu.

Bitcoin hari ini pun sempat menguat lebih dari 4 persen dalam 24 jam terakhir.

Kendati demikian, harganya masih sangat fluktuatif dalam rentang harian, karena di rentang mingguan, masih dalam tren turun. Belum ada sinyal pembalikan ke atas hingga detik ini.

Menuju 100 Ribu per BTC

Diperkirakan, Senin pekan mendatang, harga Bitcoin masih terus meluruh. Namun, pada tahun ini, harga Bitcoin masih “on-the-track” menuju US$100 ribu per BTC, berdasarkan proyeksi Mike McGlone dari Bloomberg Intelligence. [triv]

Comments are closed for this post.