Miner One Menambang Bitcoin di Angkasa

Perusahaan penambangan baru, Miner One, punya cara unik untuk mempromosikan bisnis mereka. Alih-alih menggunakan media promosi tradisional seperti media massa pada umumnya, Miner One justru menerbangkan perangkat penambangan ke angkasa!

Miner One memilih untuk menerbangkan perangkat penambangan tinggi ke angkasa, hingga mencapai 35 ribu kaki. Ketinggian ini dicapai dengan menggunakan balon hidrogen. Perangkat penambangan ini dinamai “Space Miner One”.

Ketinggian 35 ribu kaki dipilih bukan tanpa alasan. Mereka sebelumnya telah memprediksi bahwa harga Bitcoin akan mencapai angka 35 ribu dolar AS di akhir 2018, dan prediksinya ini diaplikasikan dengan ketinggian Space Miner One pada posisi yang sama.

Space Miner One ini dilengkapi dengan perangkat-perangkat seperlunya. Komputer mini Raspberry Pi menemani perangkat penambangan yang diterbangkan untuk mengelola proses penambangan, selain itu ada juga baterai yang cukup untuk menambang, serta antena saatelit untuk menjaga komunikasi tetap berlangsung selama proses penambangan.

Parasut dan perangkat perlindungan lain juga disertakan, untuk memastikan komponen dapat berjalan baik dan kembali dengan selamat ke muka bumi.

Selama berada di angkasa, Space Miner One berhasil melakukan aktivitas penambangan dengan kekuatan 330 Mega hash per detik.

Aksi ini terbilang unik, dan baru pertama kalinya dilakukan di dunia. Sebelum ini ada aktivitas serupa yang tekait angkasa, yakni mengunggah blockchain Bitcoin ke dalam sebuah satelit oleh Blockstream. Informasi yang disimpan dapat diakses dengan menggunakan perangkat satelit secukupnya.

Be the first to write a comment.

Your feedback