Modus Penipuan APK: Waspada dan Jangan Mudah Tertipu!

Modus Penipuan APK: Waspada dan Jangan Mudah Tertipu!

Modup penipuan APK dalam beberapa waktu terakhir, banyak terjadi dan viral di media sosial. File APK sendiri adalah file instalasi aplikasi untuk sistem operasi Android. Modus penipuan yang dilakukan dengan menggunakan file APK ini sangat beragam, seperti undangan pernikahan palsu, faktur palsu, tagihan pajak palsu, dan masih banyak lagi.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah saat Anda meng-install file APK tersebut, aplikasi scam akan meminta izin akses tertentu. Sebagai contoh, izin untuk mengakses data pribadi, seperti kontak, pesan, foto, dan lain sebagainya. Setelah izin tersebut diberikan, aplikasi scam akan segera menyedot seluruh data yang ada di dalam ponsel Anda. Bahkan, penipu juga bisa mengetahui apapun yang Anda ketik, seperti PIN, password, atau kode OTP akun Anda.

Baca juga: Triv Penipu? Inilah Kronologis dan Klarifikasi Resmi

Cara Mencegah Modus Penipuan APK

Aktifkan Playstore Protect di ponsel Anda.

Playstore Protect merupakan fitur keamanan bawaan di Android yang dapat melindungi ponsel Anda dari aplikasi-aplikasi yang tidak jelas sumbernya. Untuk mengaktifkannya, caranya cukup mudah.

  1. Pertama, buka aplikasi Play Store di ponsel Anda.
  2. Kemudian, ketuk ikon profile di pojok kanan atas.
  3. Setelah itu, pilih “Play Protect” 
  4. Aktifkan “Scan device for security threats”.

Blokir aplikasi tidak resmi di ponsel Anda.

Aplikasi tidak resmi atau yang tidak terdaftar di Play Store dapat membahayakan ponsel Anda. Untuk memblokirnya, caranya cukup mudah.

  1. Pertama, buka pengaturan di ponsel Anda.
  2. Pilih “Keamanan” atau “Security”.
  3. Aktifkan opsi “Sumber tidak dikenal” atau “Unknown sources”.

Jangan sampai terjebak dalam modus penipuan APK.

Selalu waspada dan lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi ponsel dan akun Anda. Dengan mengaktifkan Playstore Protect dan memblokir aplikasi tidak resmi, Anda dapat memastikan keamanan ponsel Anda dari ancaman aplikasi scam yang berbahaya.

Perkuat Aplikasi Triv Anda

Untuk pemperkuat aplikasi Triv, anda perlu melakukan beberapa setingan sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Triv.co.id
  2. Pilih menu profile di pojok kanan atas
  3. Pilih menu Two Factor Authentication
  4. Pilih 2FA yang akan di aktifkan. Terdapat dua cara yaitu menggunakan email dan Google Authenticator. Kami merekomendasikan untuk menggunakan Google Authenticator untuk keamananmu.
  5. Kamu juga bisa mengaktifkan Finger Print pada android atau Face ID pada IOS. Pastikan device yang anda gunakan suport untuk fitur ini.

Demikianlah artikel tentang modus penipuan dengan file APK. Semoga bermanfaat dan membantu Anda untuk lebih waspada dalam menggunakan ponsel Android Anda. Jangan lupa untuk selalu meng-update sistem operasi dan aplikasi-aplikasi di ponsel Anda secara berkala untuk memastikan keamanan data Anda.

Be the first to write a comment.

Your feedback