Naik Tinggi Terus Beli

Seperti yang Anda perhatikan, selama 7 hari belakangan ini, harga aset kripto mengalami kenaikan cukup signifikan. Berdasarkan data dari Coinmarketcap.com, harga Bitcoin naik 28,6 persen dalam 7 hari. Sedangkan Ether yang lemah lunglai sejak Juli 2018, di rentang waktu serupa menguat 72,9 persen, dari US$85 menjadi US$147.

Ini tentu satu kecermelangan tersendiri bagi pasar kripto yang melemah puluhan persen sejak 15 Desember 2017 silam.

Maka, asumsi soal semakin banyaknya investor kelas kakap yang masuk ke dalam pasar, yang ingin membeli di harga murah, tidaklah terbantahkan.

Dalam sebuah mekanisme pasar, harga boleh turun, tetapi inovasi jalan terus. Itulah sebabnya investasi dari perusahaan ventura ke beragam perusahaan rintisan, tak pernah berhenti. Ya, untuk itu tadi, yakni inovasi untuk membentuk harga yang lebih positif di masa depan.

Khusus Ether, saya menarik menyorotinya, sebab, selama posisinya dibantai oleh Ripple (XRP) sejak pertengahan November 2018 lalu. Hal ini sesungguhnya wajar, sebab ada beragam penaiktarafan (upgrade) teknologi Ethereum. Lagipula ada kepincangan tak simetris dari para pelaku ICO yang hanya aji mumpung. Di satu sisi ini turut membetor sentimen pasar.

Ripple sendiri selama 7 hari terkerek hingga 49 persen, dari US$0,2 ke US$0,3. Tentu cuan ini juga sangat membahagiakan, sebab secara bisnis, Ripple mampu mengembangkan sayap kerjasama secara lebih baik, khususnya mitra-mitra lembaga keuangan yang menggunakan RapidX, platform khusus buatan Ripple.

Soal pertarungan antara ETH dan XRP ini pernah dikomentari oleh Gabriel Rey, CEO Triv. Dia mengungkapkan, bahwa lebih dari 70 persen sirkulasi XRP masih sentralistik dan dikendalikan oleh perusahaan Ripple.

“Ini sangat memungkinkan perusahaan mudah memanipulasi harga XRP berbanding ETH. Ether lebih desentralistik daripada XRP,” kata Gabriel.

Ini menyiratkan ETH mungkin tak perlu waktu lama lagi untuk merebut kembali posisi ke-2 dunia, setidaknya menjelang rampungnya perbaikan sistem Ethereum, yang pelan-pelan ingin hijrah ke konsensus proof of stake, atas nama inovasi.

Tetapi di atas itu semua, ini bergantung pada profil investasi Anda. Jika tingkat kepercayaan Anda sangat tinggi terhadap perkembangan teknologi blockchain di masa depan, maka pasar kripto akan tetap bullish di rentang waktu yang panjang. Jikalau Anda berada di titik itu, maka cara berpikir Anda adalah kreatifitas dan inovatif untuk meraup laba yang lebih besar di masa depan. []

Be the first to write a comment.

Your feedback