Pakar Kripto: Bitcoin Akan Sentuh Harga 30 Ribu Dolar di Akhir 2018

Harga Bitcoin akan melesat ke angkaUS$30.000 apabila institusi-institusi keuangan besar di dunia terus mengadopsi Bitcoin, demikian disampaikan pakar kripto David Drake, pendiri sekaligus pucuk pimpinan LDJ Capital. Dalam wawancaranya dengan Bloomberg News, Drake mengingatkan bahwa ia telah memprediksi bahwa mata uang kripto akan mengalami goncangan selama beberapa bulan. Hal ini disebabkan karena regulator seperti SEC belum memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana menangani mata uang kripto dari sisi bisnis maupun penggunaan sehari-hari. Padahal, Amerika Serikat saat ini masih menjadi pasar terbesar mata uang kripto, dengan Asia masih menjadi lahan potensial namun amat sulit menerima mata uang kripto sebagai instrumen finansial.

Drake membenarkan apa yang disampaikan oleh Jack Dorsey CEO Twitter sebelumnya, bahwa Bitcoin akan berjaya di masa depan. Bahkan, Drake memprediksi bahwa harga Bitcoin akan mencapai angka US$30ribu di akhir tahun 2018 ini. Hal ini diyakininya karena jumlah Bitcoin yang amat terbatas, sementara tingkat adopsi Bitcoin di seluruh dunia semakin meningkat.

Sebelum ini, Jack Dorsey mengutarakan visinya bahwa Bitcoin akan menjadi mata uang Internet dan mata uang dunia satu-satunya, meskipun tidak menampik bahwa saat ini teknologi masih mengalami hambatan, terutama tentang skalabilitas atau kapasitasnya dalam menangani jumlah transaksi yang besar, sehingga saat ini sistem Bitcoin masih dianggap lambat dan mahal. Dalam hal ini, Drake masih belum mengiyakan. Menurutnya, memang Bitcoin memiliki potensi sebesar itu, namun masih terdapat ratusan produk yang dapat menyaingi Bitcoin dalam persaingan menjadi mata uang global.

Drake juga menambahkan bahwa tahun ini akan menjadi tahun yang krusial dalam dunia mata uang kripto, terutama untuk 5 besar mata uang kripto. Menurutnya, akan terjadi perubahan urutan pada 5 besar mata uang kripto yang ada saat ini. Tidak lupa ia tambahkan bahwa Bitcoin masih akan dominan, karena hingga saat ini Bitcoin sangat cocok untuk menjadi mata uang cadangan.

Bitcoin sempat mengalami kenaikan harga setelah gubernur Bank of England Mark Carney menyampaikan bahwa mata uang kripto tidak memiliki dampak negatif terhadap stabilitas keuangan di Inggris. Ditambahkan dalam keterangannya lagi, regulasi amat diperlukan bagi pasar mata uang kripto, dan regulasi tersebut justru akan menyaring produk-produk mata uang kripto terbaik yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Sebab, mata uang kripto sangat rentan digunakan untuk aktivitas ilegal seperti pencucian uang, pendanaan terorisme, ataupun aktivitas kriminal lainnya.

Be the first to write a comment.

Your feedback